Sidak Kantin Sekolah di Cilacap, Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah Temukan Jajanan Tidak Sehat

Sidak Kantin Sekolah di Cilacap, Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah Temukan Jajanan Tidak Sehat

TJKPD Kabupaten Cilacap melakukan monitoring makanan di sekolah-sekolah.-Dispabun untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jajanan tidak sehat masih ditemukan di lingkungan sekolah di Kabupaten CILACAP. Hal itu berdasarkan hasil temuan Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Kabupaten CILACAP.

Analis Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Soetji Hernaeni mengatakan, temuan tersebut berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan di sejumlah Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap dan Cilacap Kota. 

"Masih dijumpai penjual makanan yang menjual ketupat plastik. Dimana penggunaan plastik pada ketupat tidak diperbolehkan, karena terdapat zat polimer yang berbahaya bagi kesehatan," kata dia, Kamis (21/9/2023).

Selain itu, masih ditemukan juga penjual minuman instan, area jualan berdekatan dengan WC/kamar mandi, penjual makanan yang tidak menggunakan masker dan celemek serta tempat sampah di sekitar yang tidak tertutup.

BACA JUGA:791 Lansia Mandiri di Cilacap Dapat Bantuan Permakanan dari Kemensos

BACA JUGA:Pembayaran Ganti Rugi Pembangunan Kawasan Industri Cilacap Menyisakan Masalah, 8 Orang Warga Belum Setuju

"Karena jika tidak diindahkan, dikhawatirkan bakteri yang ada WC, tempat sampah dan lainnya akan mencemari makanan dan ini akan membahayakan kesehatan," kata dia.

Pihaknya menganjurkan agar pihak sekolah mengedukasi siswa dan orang tua agar selalu memakan atau jajanan yang sehat. Selain itu anak diharapkan bisa membawa bekal makanan sendiri. 

"Sebenarnya terdapat satu sekolah yang sudah memiliki kantin sendiri, menjual berbagai jajanan sehat. Penjaja makanan di luar sekolah juga terjaga kebersihannya. Selain itu, juga sudah ada sekolah yang menganjurkan anak membawa bekal sendiri," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: