Makanan Ringan Lanting Asal Kebumen yang Disukai Banyak Orang

Makanan Ringan Lanting Asal Kebumen yang Disukai Banyak Orang

Makanan Ringan Lanting Asal Kebumen Yang Disukai Banyak Orang-Santos Blog-

5. Pisahkan beberapa singkong menjadi dua bagian, lalu campurkan salah satu adonan dengan pewarna makanan (biasanya warna merah). Sedangkan adonan satunya dibiarkan saja berwarna putih.

6. Lalu Langkah selanjutnya adalah dipilin agar membentuk tali. Biasanya menggunakan mesin penggiling akan memudahkan proses ini.

7. Setelah itu, potong kembali adonan singkong yang dipilin tadi hingga ukuran adonan menjadi lebih kecil. Lalu adonan dibentuk melingkar seperti cincin atau biasanya berbentuk angka 8. Lakukan proses ini ke semua adonan.

8. Letakan lanting yang sudah dipilin tadi di atas tampah dan dikeringkan atau dijemur di bawah sinar matahari langsung. Pengeringan ini biasanya tergantung cuaca saat penjemuran.

BACA JUGA:7 Kuliner Mancanegara di Purwokerto, Berasa Makan di Negara Aslinya

BACA JUGA:3 Kuliner Khas Banyumas Terpopuler yang Wajib Dicoba, Ada yang Sudah Dikenal Sampai Mancanegara

9. Setelah adonan lanting kering, Langkah selanjutnya adalah penggorengan adonan dengan minyak. Goreng sampai garing dan renyah. Lalu tiriskan setelah matang.

10. Lalu lanting di bumbui sesuai selera masing-masing, biasanya rasa keju, balado manis atau pedas, rasa jagung bakar dan masih banyak rasa lainnya.

11. Setelah itu simpan lanting didalam toples agar awet dan bisa dinikmati.

Ada yang berkata jika pembuatan lanting dilakukan disaat menjelang kemerdekaan Indonesia. Adanya niat menanamkan rasa kemerdekaan melaluin makanan dan lanting ini adalah makanannya.

BACA JUGA:Buntil Kutasari, Kuliner Khas Purbalingga yang Rasanya Maknyus

BACA JUGA:Mencicipi Kuliner Khas Banyumasan Kampel, Burger Lokal Khas Ajibarang

Maka dari itu adanya lanting berwarna merah dan putih. Yang melambangkan bendera negara kitan Indonesia.

Dita Karang, salah satu personel Secret Number juga sangat menikmati makanan lanting ini saat dia berada di Korea Selatan.

Nah, itu tadi adalah cara membuat lanting dan pembahasan singkat mengenai lanting. Biasanya lanting adalah makanan harian keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: