Resep Jipang Kacang khas Kebumen yang Manis dan Gurih

Resep Jipang Kacang khas Kebumen yang Manis dan Gurih

Resep dan cara membuat Jipang Kacang khas Kebumen -Dhani Dwi Anggoro -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Siapa yang tidak tergoda oleh aroma gurih dan manis yang dari sepotong jipang kacang? Camilan khas Kebumen ini tidak hanya memikat lidah dengan cita rasanya yang unik, tetapi juga membawa nostalgia akan tradisi kuliner yang lezat. Berasal dari Kebumen, Jawa Tengah, jipang kacang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner . Dibuat dengan bahan-bahan sederhana, jipang kacang memanjakan setiap gigitan dengan rasa yang gurih dan manis yang sulit untuk ditolak. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi resep autentik jipang kacang yang dapat disajikan sebagai camilan lezat untuk menemani momen santai Anda. 

Mengenal Tentang Jipang Kacang

Jipang pada umumnya terbuat dari beras ketan serta gula merah. Tetapi, Kabupaten Kebumen memiliki jipang khasnya sendiri yang dikenal dengan jipang kacang. Seperti namanya, jipang kacang dibuat menggunakan bahan utama kacang tanah dan gula merah/gula aren. Dari perpaduan antara kacang dengan gula merah menghasilkan rasa Jipang yang manis, legit, lengket, dan rasa gurih yang autentik dari kacang itu sendiri.

Jajanan Jipang kacang ini sudah lama dikenal oleh masyarakat Kebumen sehingga menjadi salah satu jajanan jadul khas Kebumen. Jajanan ini sudah diproduksi sejak nenek moyang dan resepnya pun sudah diwariskan secara turun-menurun. Proses pembuatan Jipang Kacang juga sangat sederhana dan masih dilakukan secara tradisional. Perubahan hanya dilakukan pada bungkusnya, jika zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini sudah menggunakan bungkus plastik yang lebih praktis.

BACA JUGA:Resep Lanting Khas Kebumen yang Gurih dan Cocok Menjadi Camilan Saat Santai

BACA JUGA:Resep Soto Tahu Khas Kebumen yang Unik dan Menggugah Selera

Resep Jipang Kacang khas Kebumen

Berikut ini adalah resep membuat jajanan Jipang Kacang khas Kebumen yang lezat:

Bahan-bahan:

- 250 gr kacang tanah, usahakan tanpa kulit 

- 125 gr gula merah/gula aren

- 75 gr gula pasir

- Sejumput garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: