Buntil Kutasari, Kuliner Khas Purbalingga yang Rasanya Maknyus

Buntil Kutasari, Kuliner Khas Purbalingga yang Rasanya Maknyus

Buntil Kutasari atau buntil Carangmanggang, kuliner Khas Purbalingga. (DOK PEMKAB PURBALINGGA UNTUK RADARMAS)--

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Berbicara kuliner atau makanan khas Purbalingga, tak akan pernah ada habisnya. Dari ujung utara hingga ujung selatan, serta ujung barat ke ujung timur, akan banyak ditemukan kuliner khas kota tempat lahir Jenderal Besar Soedirman ini.

Salah satu kuliner khas yang biasanya diburu para wisatawan baik lokal maupun luar daerah ketika berlibur di Purbalingga adalah buntil.

Salah satu buntil yang paling terkenal adalah buntil, yang dijual di Pasar Kutasari di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga.

Buntil yang dijual di pasar ini adalah buntil buatan Kasmini, warga Dukuh Carangmanggang, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari.

BACA JUGA:Mengenal Sajian Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Kebanggaan Cilacap

Karena dibuat di Dukuh Carangmanggang, maka buntil tersebut lebih dikenal dengan sebutan buntil Carangmanggang. Buntil ini, sudah dijual lebih dari 50 tahun di Pasar Kutasari.

Namun, banyak orang yang menyebut dengan nama buntil Kutasari. Karena memang lokasi berjualannya ada di Pasar Kutasari.

Buntil Carangmanggang atau Kutasari knj dibuat dari parutan kelapa muda yang diramu dengan berbagai bumbu khas.

Kemudian, parutan kelapa itu kemudian dibungkus dengan daun. Rasanya akan semakin khas dengan adanya kuah santan yang dipadukan sejumlah bumbu.

BACA JUGA:Kuliner Soto Khas Purbalingga yang Tak Ditemukan di Daerah Lain, Apa Saja?

Jika dibungkus menggunakan daun talas atau orang Purbalingga menyebutnya sebagai daun senthe. Maka, buntil tersebut diberi nama buntil talas. Selain itu, juga ada buntil daun singkong, serta buntil daun pepaya.

Buntil Carangmanggang atau buntil Kutasari ini sangat pas dinikmati dengan nasi hangat. Menu ini direkomendasikan sebagai lauk sarapan pagi.

Buntil Carangmanggang rasanya sangat istimewa, dibandingkan dengan buntil buatan penjual lainnya. Yang membedakan adalah ramuan bumbu khas dari pembuatnya Kasmini, yang membuatnya semakin maknyus.

Buntil Carangmanggang sering dijadikan menu makan tamu pejabat dari luar kota oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga.

BACA JUGA:Mencicipi Kuliner Khas Banyumasan Kampel, Burger Lokal Khas Ajibarang

Nah, penasaran ingin mencoba buntil Kutasari kan? Yuk cus, silahkan datang ke Pasar Kutasari. Namun, harus dicatat belinya harus pagi hari, sebab buntil ini sangat cepat habis. Antrean panjang akan terlihat di lapak buntil Carangmanggang. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: