Rekomandasi Makanan Khas Banjarnegara: Sangat Lezat dan Unik!

Rekomandasi Makanan Khas Banjarnegara: Sangat Lezat dan Unik!

Makanan Khas Banjarnegara-Website cockpad.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Makanan khas Banjarnegara menjadi informasi menarik bagi wisatawan yang memilih kota tersebut sebagai destinasinya. Bagaimana tidak, rasanya kurang tepat jika tak mencoba makanan khasnya.

Banjarnegara sebagai kota yang punya wilayah dataran tinggi Dieng tentu menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang banyak didatangi penggiat healing.

 

Karena itulah makanan khas turut tersorot. Berikut informasi mengenai makanan khas Banjarnegara yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

 

Makanan Khas Banjarnegara

 

Makanan khas Banjarnegara tentu cukup banyak, namun Radarmas akan menuliskan lima diantaranya yang kerap jadi favorit masyarakat, berikut daftarnya:

 

BACA JUGA:Wisata Sejuk di Banjarnegara: Ada yang Bisa Untuk Camping!

BACA JUGA:UT Purwokerto gandeng BKD dalam upaya peningkatan SDM di Kabupaten Banjarnegara

 

1. Manisan Salak

 

 

Makanan khas Banjarnegara yang pertama yaitu manisan salak. Banjarnegara merupakan daerah penghasil salak yang cukup besar, sehingga masyarakat mengolahnya menjadi banyak variasi.

 

Salah satunya yaitu Manisan Salak yang tentu sesuai namanya, bahan utamanya adalah buah salak. Rasa dari manisan salak yaitu manis dengan perpaduan rasa kecut.

 

Saat ini manisan salak juga sudah dikombinasikan dengan rasa pedas. Adapun bahan untuk membuatnya yakni gula merah, gula pasir, cuka, terasi, garam, dan cabai.

 

2. Jenang Salak

 

 

Berikutnya ada Jenang Salak yang juga menggunakan bahan utama buah salak. Seperti namanya, Jenang Salak juga memiliki tekstur dan rasa yang sama dengan jenang pada umumnya.

 

BACA JUGA:Desa Kaliajir Banjarnegara Masih Dilanda Kekeringan, Warga Ambil Air dari Sungai, Namun Berbau Karat

BACA JUGA:Warga Banjarnegara Berebut Air Bersih, 5.000 Liter Ludes Dalam 30 Menit

 

Perbedaannya yaitu adanya buah salak di dalamnya sehingga rasa dan baunya pun memiliki unsur salak.

 

3. Soto Krandegan

 

 

Makanan khas Banjarnegara berikutnya ada Soto Krandegan yang sekilas mirip dengan Soto Betawi. Namun rasa dan isinya berbeda.

 

Soto Krandegan berisi tauge, ketupat, suwiran ayam, dan kerupuk dengan kuah yang relatif kental sehingga gurih dan lezat.

 

Adapun bahan untuk membuat Soto Krandegan yakni daging ayam, santan, kecambah, daun seledri, kerupuk kanji, ketupat, bawang merah goreng, dan kecap manis.

 

BACA JUGA:Warga Banjarnegara Berebut Air Bersih, 5.000 Liter Ludes Dalam 30 Menit

BACA JUGA:Siapkan Generasi Emas 2045, Bunda Asuh Anak Stunting Sosialisasi Pencegahan Stunting di Banjarnegara

 

Untuk bumbu halusnya dan bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, ketumbar, jahe, dan kunyit.

 

Selain itu untuk melengkapi cita rasa kuahnya juga memerlukan daun salam, serai yang digeprek, dan irisan lengkuas.

 

4. Combro Kalipalet

 

 

Combro Kalipalet masuk dalam daftar makanan khas Banjarnegara yang berbahan dasar singkong. Pada isian combronya terdapat oncom dengan bumbu manis, pedas, dan asin.

 

Bahan untuk membuat combro hanya memerlukan singkong, kelapa parut, dan minyak goreng. Sedangkan untuk isiannya berbahan oncom, bawang merah, bawang putih, cabai, dan minyak goreng.

 

BACA JUGA:Donor Darah Nasional, di Banjarnegara Terkumpul 272 Kantong Darah

BACA JUGA:Siapkan Generasi Emas 2045, Bunda Asuh Anak Stunting Sosialisasi Pencegahan Stunting di Banjarnegara

 

Menurut penuturan masyarakat Banjarnegara, Combro Kalipalet paling tepat dihidangkan dengan Soto Krandegan.

 

5. Buntil

 

 

Makanan khas Banjarnegara yang terakhir yaitu Buntil yang sangat nikmat dihidangkan dengan nasi hangat. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan bumbu pedas dari santan.

 

Kemudian dibungkus dengan daun talas atau juga bisa daun singkong. Bahkan kini sudah ada yang menggunakan daun pepaya sehingga memiliki sensasi pahit. 

 

Demikian informasi mengenai makanan khas Banjarnegara, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca Radar Banyumas di manapun berada. (okt/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: