Donor Darah Nasional, di Banjarnegara Terkumpul 272 Kantong Darah

Donor Darah Nasional, di Banjarnegara Terkumpul 272 Kantong Darah

Warga antusias ikuti donor darah nasional di MTA Banjarmangu, Banjarnegara.-PMI Banjarnegara-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 272 kantong darah terkumpul dalam kegiatan donor darah nasional Majelis Tafsir Al-Qur’an (MTA) tahun 2023 di Banjarnegara. Kegiatan yang dihelat di gedung MTA perwakilan Banjarmangu tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari empat perwakilan MTA di Banjarnegara.

Ketua kelompok donor darah MTA Banjarmangu Rochmat mengatakan, donor darah kali ini spesial sebagai rangkaian silatnas dan dilaksanakan serentak secara nasional di beberapa wilayah di tanah air.

"Sebanyak 135 kota atau perwakilan se Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan donor darah nasional tersebut dengan total target sebanyak lima ribu kantong darah," ujarnya, Senin (11/9).

Dijelaskan, untuk Banjarnegara total pendaftar kegiatan donor darah secara online dan masuk sistem sebanyak 402 orang.

BACA JUGA:Kekeringan Meluas, Status Kekeringan di Banjarnegara dari Siaga Menjadi Tanggap Darurat

BACA JUGA:Demi Air Bersih karena Terdampak Musim Kemarau, Warga di Banjarnegara Rela Jalan Kaki 4 Km Turun Bukit

"Namun karena berbagai hal teknis dan tidak lolos screening, Banjarnegara mampu menyumbang 272 kantong darah hingga purna acara pada sore hari," lanjutnya.

Pihaknya berharap, donor darah sebagai rangkaian silatnas diharapkan memberikan dorongan dan nilai positif untuk kepentingan kemanusiaan.

"Donor darah merupakan nidhom yang sudah dilaksanakan puluhan tahun lalu semenjak berdirinya MTA," tegasnya.

Selain itu Rochmat menjelaskan, donor darah rutin dilakukan sesuai kalender jadwal bersama PMI Banjarnegara di empat perwakilan MTA yang ada di Banjarnegara.

"Di Banjarnegara seluruh perwakilan MTA berperan aktif dalam kegiatan sosial donor darah seperti di Wanadadi, Banjarmangu, Wanayasa dan Aribaya," pungkasnya.

Sementara itu dari perolehan sebanyak 272 kantong darah dalam kegiatan donor darah nasional, Banjarnegara menampati posisi ke delapan untuk angka penyumbang terbanyak dari 135 kota yang melaksanakan kegiatan serupa.

Adapun posisi pertama hingga ke tujuh berurutan ditempati masing-masing oleh Wonogiri, Klaten, Sragen, Yogyakarta, Sukoharjo, Cilacap, Blora dan Karanganyar.(jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: