Banyumas Kenthongan Night Parade 2023 Diwarnai Salam Perpisahan Bupati dan Wakil Bupati

Banyumas Kenthongan Night Parade 2023 Diwarnai Salam Perpisahan Bupati dan Wakil Bupati

UNJUK KEBOLEHAN : Peserta Banyumas Kenthongan Night Parade unjuk kebolehan di hadapan delegasi ASEAN dan masyarakat Banyumas, Kamis (15/09/2023) malam.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 11 grup kentongan tampil dalam "Banyumas Kenthongan Night Parade 2023", Kamis (14/9) malam.

Para peserta unjuk diri dengan penampilan terbaiknya di depan panggung kehormatan yang ada di Alun-alun Purwokerto. Ada sedikit yang berbeda dari festival kenthongan sebelumnya, yaitu karena kali ini kenthongan langsung disaksikan para "bule".

Duduk di panggung kehormatan, Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein bersama Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono dan Forkopimda dan delegasi Smart Green ASEAN Cities (SGAC) Programme’s 2nd City Windows Series.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, festival kenthongan mulanya digelar bulan Agustus dalam rangkaian HUT RI. Namun, karena memang sudah padat acaranya, sehingga digeser bulan September.

BACA JUGA:Besok Malam Bakal Ada Kentongan di Purwokerto, Ini Rutenya

BACA JUGA:Macam Arti Bunyi Kentongan Sebagai Alat Informasi dan Komunikasi Tradisional Khas Banyumas.

"Pada hari ini hadir pula dari perwakilan negara lain, setidaknya ada dari 15 kota di ASEAN dan 60 personil dari luar Indonesia," ujar dia sembari menyapa para delegasi menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, Bupati Banyumas juga sekaligus berpamitan kepada masyarakat Banyumas karena akan mengakhiri masa jabatannya sebagai bupati beberapa hari lagi.

"Saya bersama Istri dan Wakil Bupati pak Sadewo bersama istri, nanti tanggal 24 September, kami pamit. Setelah itu saya dan pak sadewo sudah tidak menjadi bupati dan wabup. Jadi, kami meminta maaf jika ada salah," ujar dia.

Kenthongan kali ini berjalan dari alun-alun Purwokerto menuju garis finish di Perempatan Sutosuman atau eks Srimaya.

BACA JUGA:Kentongan Banyumas: Warisan Budaya Lokal yang Harus Dilestarikan

BACA JUGA:Sejarah Kentongan di Banyumas: Budaya Kebanggaan!

Sebagai informasi, ke-11 grup yang akan tampil adalah Garuda Mas Rawalo, Sari Kedeling Laras (SKL) Sumbang, Lappot (Laras Putra Patriot) Purwokerto Selatan, Bala Putra Purwokerto Timur, Sadawira Laras Kalibagor, Satria Kamandaka Baturraden, Putra Pasopati Rawalo, Gema Laras Ajibarang, Laras Bhirawa Purwokerto Timur, Bambu Laras Patikraja dan Elang Prabuana Sokaraja. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: