7 Hektar Lahan dan Hutan di Cilongok Hangus Terbakar

7 Hektar Lahan dan Hutan di Cilongok Hangus Terbakar

PEMADAMAN : Petugas gabungan saat menyisir dan memadamkan titik api yang membuat kebakaran lahan di Cilongok, Rabu (13/9/2023).-BPBD UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tujuh hektar lahan dan hutan milik Perhutani Banyumas Barat di Rt 2 Rw 2 Desa Batuanten Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas mengalami kebakaran hebat, Rabu (13/9/2023) malam kemarin.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Budi Nugroho mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui pukul 17.30 WIB saat salah satu warga Desa Kasegeran Cilongok melihat adanya titik api dari kejauhan.

"Lalu warga tersebut melaporkan ke perangkat Desa Kasegeran, dan ditindaklanjuti oleh masyarakat sekitar dan relawan gabungan yang menuju lokasi untuk melakukan pemadaman dengan alat seadanya," katanya, Kamis (14/9/2023).

Akan tetapi, kebakaran lahan yang belum diketahui pasti penyebabnya tersebut cepat menjalar lantaran angin yang sangat kencang.

BACA JUGA:Damkar Banyumas Catat 7 Kebakaran Lahan di Purwokerto Dalam 2 Pekan

BACA JUGA:Karhutla di Banyumas Meningkat; Terjadi 10 Kejadian Selama Agustus

"Dan banyaknya ranting dan daun pohon jati yang kering serta mudah terbakar," lanjut Budi.

Lalu dengan bantuan dari Satgas Karhutla dan relawan lainnya, api kemudian dapat dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB.

"Luas lahan yang terbakar 7 hektar. Dan langkah yang dilakukan selain pemadaman, perangkat Desa Batuanten beserta masyarakat berusaha menyekat lajunya api agar tidak merambat ke pemukiman warga," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: