Karhutla di Banyumas Meningkat; Terjadi 10 Kejadian Selama Agustus

Karhutla di Banyumas Meningkat; Terjadi 10 Kejadian Selama Agustus

Petugas saat melakukan pemadaman dan pendinginan, Senin (4/9/2023).-DAMKAR UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Angka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Banyumas meningkat selama tahun ini. Berdasarkan data UPT Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Banyumas, kebakaran lahan pada bulan Agustus terjadi 10 kejadian, dan 4 kejadian hingga bulan September ini. 

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Banyumas, Andaru Budilaksono mengatakan, di musim kemarau ini angka kasus kejadian kebakaran lahan mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. 

"Meningkat, di bulan Agustus 10 kejadian, dan September hingga tanggal 7 ada empat kejadian," katanya, Kamis (7/9/2023). 

Dijelaskan, rata-rata penyebab terjadinya kebakaran lahan tersebut dikarenakan karena pembakaran sampah yang tidak terawasi dan membuang puntung rokok secara sembarangan. 

"Penyebab rata-rata diduga bakar daun-daun kering atau alang du sekitar lahan tersebut. Dan ada juga berdasarkan dari laporan penyebabnya dari puntung rokok," jelasnya. 

Untuk itu, Andaru juga menghimbau, agar warga dan masyarakat setempat tidak membakar sampah secara sembarangan. 

"Himbauannya, stop bakar sampah atau pembakaran sampah yang tidak diawasi dan berpotensi menimbulkan kebakaran, karena juga menghasilkan zat berbahaya jika terhirup oleh manusia," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: