3 Menit Drone Diterbangkan, 20 Kendaraan di Purwokerto Kena Tilang ETLE

3 Menit Drone Diterbangkan, 20 Kendaraan di Purwokerto Kena Tilang ETLE

TILANG ETLE : Tim ETLE Dit Lantas Polda Jateng saat hendak menerbangkan drone di Purwokerto, Rabu (13/9) malam.-DIT LANTAS POLDA JATENG UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Uji coba tilang ETLE menggunakan drone dilakukan oleh Dit Lantas Polda Jateng di PURWOKERTO, Rabu (13/9) malam. Drone tersebut diterbangkan memantau beberapa titik jalan di PURWOKERTO saat malam hari.

Jalan yang dilintasi drone tersebut di antaranya adalah Simpang Empat Omnia Purwokerto dan Jalan Gatot Subroto Purwokerto Timur.

Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng, Kompol Indra Hartono mengatakan ETLE Drone ini merupakan salah satu upaya Polri khususnya Dit Lantas Polda Jateng dalam rangka penegakan hukum.

"Kami dari Tim ETLE Dit Lantas Polda Jateng bersama Polresta Banyumas melaksanakan sosialisasi penegakan hukum dengan menggunakan ETLE Drone. Agar nantinya bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengendara yang sudah tertib," ujar dia.

BACA JUGA:94 Pelanggar Lalu lintas di Banjarnegara Terekam ETLE dalam Operasi Zebra Candi 2023

BACA JUGA:Cegah Sanksi ETLE, STNK Segera Diblokir Setelah Proses Jual-Beli

Dari sekitar tiga menit drone diterbangkan, lanjut Kompol Indra, terjaring lebih dari 20 pengendara yang tidak tertib atau melanggar peraturan lalu lintas.

"Meski malam, namun terlihat cukup jelas. Rata-rata pelanggarannya adalah marka jalan, helm dan sabuk keselamatan," tuturnya.

Soal keberlanjutan tilang serupa, menurutnya, penggunaan drone kedepan bakal dilaksanakan secara reguler di sejumlah daerah. Namun, saat ini masih menunggu instruksi dan koordinasi lebih lanjut.

"Rencananya memang akan digunakan secara reguler terutama enam polres prioritas," ujar dia.

BACA JUGA:Melanggar Parkir Langsung 'Cekrek' Langsung Unggah ke E-Tilang

BACA JUGA:Info Tilangan Polisi, 78 Pengendara Terjaring Razia di Alun-Alun Purwokerto, Ini Pelanggarannya

Sebagai informasi, selain sebagai alat untuk menilang, drone tersebut juga bisa digunakan untuk memantau situasi arus lalu lintas. Hal ini karena jarak, sudut pandang serta daya jelajah drone tersebut yang cukup jauh.

"Drone ini mempunyai kelebihan dapat memantau satu kilometer di arah sekitarnya. Bisa diberbagai tempat. Sehingga dapat mengcover tempat-tempat yang tidak terjangkau," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: