Tips pola gaya hidup sehat untuk mahasiswa dan anak kost, agar tidak merugi di masa tua

Tips pola gaya hidup sehat untuk mahasiswa dan anak kost, agar tidak merugi di masa tua

Tips pola gaya hidup sehat untuk mahasiswa dan anak kost, agar tidak merugi di masa tua -Liputan6.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pola gaya hidup sehat untuk mahasiswa dan anak kost sangat penting, karena Kesehatan yang kamu dapatkan sebenarnya tidak bisa ternilai harganya oleh materi.

Namun seringkali dirasakan sebagai anak kost tidak memiliki pola gaya hidup yang sehat, dari pola makan yang tidak teratur, tidak pernah berolahraga, dan seringkali begadang untuk hal yang tidak bermanfaat. Para mahasiswa dan anak kost memang biasanya sering mengabaikan pola gaya hidupnya.

Kebiasaan tersebut mungkin saja tidak berdampak langsung pada kesehatan kamu saat ini, namun dari beberapa kebiasaan yang menjadi pola gaya hidup kamu tersebut sama saja seperti menimbun penyakit yang akan dirasakan pada saat tua nanti.

Maka dari itu kita sebagai Mahasiswa dan anak kost penting untuk menjaga pola gaya hidup sehat,agar tidak merugi pada saat tua nanti.

 

BACA JUGA:7 Alasan Orang Enggan Berolahraga, Kamu yang Mana?

BACA JUGA:Olahraga Jalan Kaki Dapat Cuan? Coba Aplikasi Hav

 

Berikut ini adalah pola gaya hidup sehat sebagai mahasiswa dan anak kost:

Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi

Dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu akan terpenuhi dengan baik.

Banyak cara agar kamu bisa memilih makanan yang sehat;

1.   1. kamu bisa memasak sendiri makananmu dengan nutrisi yang tepat. Selain memilih makanan sehat kamu juga perlu menghindari beberapa makanan yang mengandung banyak zat pengawet seperti mie dan makanan cepat saji lainya.Meskipun sebagai mahasiswa dan anak kost akan lebih menyukai makanan yang praktis.

 

    BACA JUGA:Mau Berkuda fdi Banjarnegara, Cek Lokasi Serunya Olahraga Berkuda Menelusuri Pedesaan

    BACA JUGA:Pemkab Banyumas Dorong Prestasi Olahraga dari Penyandang Disabilitas

 

       2. Perbanyak memakan sayur dan buah – buahan, karena nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah- buahan akan semakin melengkapi apa yang tubuh kamu butuhkan.

 

3.   3. Menghindari makanan dan minuman yang banyak gula, gula sendiri sebenarnya sulit dihindari karena beberapa makanan dan minuman akan memakai gula sebagai bahan pelengkap masakanya.

Tapi kamu bisa mencoba mengurangi terlebih dahulu makanan dan minuman yang memiliki banyak kandungan gula, agar kadar gula di dalam tubuhmu seimbang.

4.   4. Makan dengan waktu teratur, seringkali makan menjadi hal yang diabaikan bagi mahasiswa dan anak kost terlebih pada saat sibuk dengan aktivitas kuliah dan aktivitas lainya. Makan dengan waktu yang teratur sangat penting bagi tubuh.

 

    BACA JUGA:Budayakan Hidup Sehat

    BACA JUGA:Kenalkan Produk Kesehatan, Ajarkan Anak Hidup Sehat

 

Biasakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam dengan secukupnya agar nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu dalam sehari terpenuhi.

5.  5. Minum air putih yang cukup, menjadi sebuah hal yang di sepelekan namun sebenarnya penting bagi tubuhmu apalagi dengan aktivitas yang padat agar tubuhmu tidak dehidrasi.

Maka dari itu sediakan air putih yang cukup di kamar kosmu.

Berolahraga secara teratur

Faktor penunjang lainya selain makanan yang sehat adalah daya tahan tubuh yang kuat, penting bagimu sebagai mahasiswa dan anak kost untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar tubuh selalu terasa fit meskipun padatnya aktivitas yang kamu lakukan dalam seharian.

 

BACA JUGA:Miliki Gaya Hidup Sehat, Ridwan Kamil: Bahaya Generasi Rebahan

BACA JUGA:Kampanyekan Hidup Sehat, Pelajar di Kemranjen Pawai ke Pelosok Kampung

 

Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan mulai dari olahraga ringan sampai olahraga berat, namun dalam melakukan olahraga pun tidak perlu terlalu berlebihan karena akan membuat tubuhmu merasa terlalu di paksa dan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Lakukan olahraga yang kamu sukai dengan secukupnya. Misalnya saja lari di taman kota, bermain futsal atau badminton dan olahraga yang kamu sukai lainya, yang terpenting adalah ajak tubuhmu untuk bergerak.

Jika kamu merasa malas melakaukan olahraga kamu bisa mencari temanmu yang suka berolahraga juga, agar diri kamu termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Waktu Istirahat yang cukup

Sebagai mahasiswa dan anak kost pola gaya hidup ini yang paling sering ditinggalkan, karena merasa tidak terlalu penting dan istirahat hanya ketika tubuhmu terasa lelah atau mengantuk.

 

BACA JUGA:Hidup Sehat dengan Sayur Hidroponik di Warung Sehat Hidroponik

BACA JUGA:Atikoh Ganjar Pranowo Senam Bersama Gunakan Kebaya di GOR Satria Purwokerto, Gaungkan Hidup Sehat

 

Padahal waktu istirahat yang tidak sesuai akan membuat tubuhmu cepat merasa lelah. Karena istirhat merupakan hal yang penting bagi kebutuhan tubuhmu.

Biasakan untuk mengurangi aktivitas – aktivitas yang kamu lakukan pada malam hari,  gunakan malam hari untuk beristirahat dan mulai aktivitas kembali pada saat pagi hari hingga sore hari.

Karena dengan membiasakan hal tersebut sebenarnya tubuhmu akan menyimpan kebiasaan itu sehingga waktu istirahatmu akan lebih mudah untuk diatur.

Menghindari minuman beralkohol dan merokok

Dua hal ini menjadi sebuah kebiasaan buruk yang sering terjadi pada kalangan mahasiswa dan anak kost karena merasa bebas untuk melakukan hal yang mereka sukai.

Sebenarnya kebiasaan buruk ini bisa saja merusak dirimu perlahan demi perlahan, apalagi dengan intensitas yang berlebihan.

Jika kamu merupakan seorang pencandu rokok cobalah mengganti dengan beberapa alternatif lain seperti mengganti rokokmu dengan permen atau cemilan lain yang lebih sehat. Selain membantu kesehatan, mengurangi rokok juga akan membantu kesehatan dompetmu sebagai anak kost.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: