Aktivis Mangrove Binaan Kilang Pertamina Cilacap Raih 2 Penghargaan Penyuluh Kehutanan

Aktivis Mangrove Binaan Kilang Pertamina Cilacap Raih 2 Penghargaan Penyuluh Kehutanan

Wahyono (kanan) saat menerima penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Agustus 2023 lalu.- PT KPI RU IV Cilacap-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Kesuksesan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV CILACAP membina arboretum Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan CILACAP (Kolak Sekancil) di Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten CILACAP, kembali berbuah penghargaan. Kali ini dua penghargaaan sekaligus, yakni tingkat Nasional dan Provinsi Jawa Tengah diberikan kepada Thomas Heri Wahyono, tokoh pelestari mangrove Kolak Sekancil

Di tingkat Nasional, Wahyono ditetapkan sebagai Terbaik Ketiga Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat pada Lomba Wana Lestari 2023. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya di Auditorium Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada akhir bulan Agustus lalu.

Menteri Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi kepada para penerima penghargaan yang merupakan teladan terbaik dari seluruh Indonesia. 

"Mereka berperan penting dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan melalui langkah dan aksi nyata serta pemberdayaan masyarakat di dalam dan sekitar hutan," katanya.

BACA JUGA:Kilang Pertamina Cilacap Pasang 71 Rambu Evakuasi di Kelurahan Tangguh Bencana Industri

BACA JUGA:Kilang Pertamina Cilacap Raih Platinum di Ajang Penghargaan Internasional di Vietnam

Diketahui, Lomba Wana Lestari menjadi metode penyuluhan untuk menilai prestasi perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Sedangkan Apresiasi Wana Lestari merupakan penilaian prestasi berdasarkan inisiatif dan partisipasi di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap, Cecep Supriyatna mengapresiasi keberhasilan Wahyono dengan perolehan dua penghargaan sekaligus.

"Ini juga menjadi kado terbaik HUT ke-78 RI untuk PT KPI RU IV Cilacap. Terimakasih Bapak Wahyono dan seluruh yang terlibat dalam pelestarian mangrove. Prestasi ini menjadi penyemangat kita untuk terus berbuat yang terbaik," katanya, Senin (11/9/2023).

Keberhasilan Wahyono berlanjut di tingkat Provinsi Jawa Tengah dengan perolehan Juara Satu Lomba Wana Lestari 2023 kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat. Penghargaan diserahkan oleh Gubernur, Ganjar Pranowo pada upacara peringatan HUT ke-78 Provinsi Jawa Tengah di alun-alun Brebes.

Wahyono mengaku tidak menyangka dengan pencapaian prestasi di tingkat Jawa Tengah dan Nasional ini.

"Tentu senang dan bahagia dengan prestasi ini. Penghargaan ini semakin memacu tanggung jawab yang harus lebih ditingkatkan sebagai penyuluh di bidang kehutanan secara swadaya. Terimakasih ibu Menteri dan Bapak Gubernur. Hal Ini juga tidak lepas dari dukungan penuh PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap," katanya. (*/ads)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: