Lakukan Konsultasi Publik I, Dalam Lanjutan Penyusunan RDTR Perkotaan Ajibarang dan Wangon

Lakukan Konsultasi Publik I, Dalam Lanjutan Penyusunan RDTR Perkotaan Ajibarang dan Wangon

FGD ISU STRATEGIS : Dinperkim Kabupaten Banyumas melaksanakan FGD pembahasan isu perkembangan perkotaan Wangon dan Ajibarang, beberapa waktu lalu. -DINPERKIM UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADAR BANYUMAS  - Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Perkotaan Ajibarang dan Wangon, sudah sampai pada FGD pembahasan isu perkembangan perkotaan Wangon dan Ajibarang. Setelah itu, konsultasi publik I minggu ketiga September ini akan menjadi agenda berikutnya.

"FGD itu kita sebenarnya, kita membahas di tim penyusun RDTR. Kita menginventairisir seluruh isu strategis yang ada di Ajibarang dan Wangon. Nanti akan kita bawa ke konsultasi publik I," kata Penata Ruang Ahli Muda M. Abdullah Tsani.

Ia menambahkan, setelah dilakukan FGD tersebut pihaknya sudah mendapatkan beberapa masukkan pembahasan terkait isu strategis di kedua wilayah tersebut.

"Kita juga menyerap dari stakeholder yang lain, kita intern dulu. Nanti juga ada dari DPRD, akademisi, dan masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA:Enam Desa Masuk Rencana Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Wangon

BACA JUGA:RDTR Ajibarang dan Wangon Mulai Dibahas Tahun Ini

Untuk Ajibarang ia sampaikan, nanti akan diarahkan sebagai kota dagang. Hal ini dengan melihat kondisi di Ajibarang yang sektor perdagangan barang dan jasa sudah semakin berkembang.

"Kalau Ajibarang ada permasalahan dari lalu lintas. Ada pergerakan arteri jalan nasional. Ada isu ketika lebaran bisa macet sampai Ajibarang, dari segi tata parkir, memakai badan jalan, PKL, fungsional terminal, dan bagaimana perkembangan industri Pancasan. Dan termasuk konservasi air yang di kelola PDAM," ujarnya.

Sedangkan untuk Wangon ia katakan, secara lokasi berada di jalur simpul dan ada rencana proyek strategis baik di tingkat nasional dan provinsi.

"Ada rencana rencana baik nasional dan provinsi, nanti ada arahan masuk tol. Dan Kawasan industri. Isu alih fungsi lahan harus dikendalikan. Wangon dari konteks perkembangan seperti saat ini, permukiman sudah menuju ke padat. Harus membatasi alih fungsi lahan pertanian," ujarnya.

BACA JUGA:Rencana Penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Ajibarang Mulai Disosialisasikan

BACA JUGA:Sokaraja Dan Banyumas Rampung, Mulai Susun RDTR Ajibarang dan Wangon

Wangon ia jelaskan, juga direncanakan akan menjadi ibu kota kabupaten di Banyumas Barat jika pemekaran berhasil terealisasi.

"Kalau Wangon karakternya belum terlihat. Arahnya untuk perkembangan industri," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: