Masyarakat Ingin Flyover Kawunganten Segera Terealisasi

Masyarakat Ingin Flyover Kawunganten Segera Terealisasi

Sejumlah kendaraan melintas di perlintasan kereta api Kawunganten, bakal lokasi pembangunan flyover -Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Wacana pembangunan flyover di Jalan Raya Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten menjadi sorotan masyarakat. Hal itu disebabkan intensitas kendaraan yang tinggi dan akses jalan yang cukup ekstrim. Sehingga dirasa perlu untuk segera direalisasikan. 

Salah satu pengguna jalan, Puspita mengatakan, butuh ekstra hati-hati saat melintas di ruas jalan tersebut. Terlebih, terdapat pelintasan kereta api tetapi belum menggunakan palang pintu otomatis. 

"Di situ kan cukup padat kendaraan, apalagi biasanya yang melintas truk muatan besar. Turunan dan tanjakannya juga cukup tajam. Sehingga kalau tidak hati-hati akan bahaya. Apalagi kalau kondisi kendaraan tidak prima," katanya. 

Menurut Puspita, intensitas lewatnya kereta api juga tinggi. Ditambah dengan kondisi jalan yang gelap saat malam hari, sangat menganggu kenyamanan dalam berkendara. Untuk itu, dia berharap, wacana pembangunan flyover bisa segera terealisasi.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Merevitalisasi Kawasan PRPP Menjadi Community Recreation and Sports Hub

BACA JUGA:Ada Perbaikan Jalan, Ruas Karangcegak-Silado Ditutup Total Tiap Malam Selama Tiga Hari

"Kebetulan palang pintu masih manual dijaga penjaga. Dan hanya satu sisi saja yang ada palang pintunya. Dengan adanya flyover nanti pasti bisa meminimalisir dan mencegah adanya kecelakaan, masyarakat juga dapat melintas dengen nyaman," imbuhnya. 

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Cilacap, Jasun mengatakan, kewenangan pembangunan flyover di Kawunganten menjadi otoritas dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jalan itu statusnya Jalan Nasional. Memang dari pihak pengelola sudah melaksanakan studi kelayakan, tinggal AMDAL dan Adalalin. Tapi belum ada kabar lagi saat ini," katanya. 

Jasun mengharapkan, realisasi pembangunan flyover di Kawunganten maupun di wilayah lain seperti Kroya, Rawalo dan Randegan bisa segera terealisasi. Dikarenakan untuk kenyamanan masyarakat saat berkendara. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: