Gempa Berkekuatan Kecil Kembali Guncang Cilacap

Gempa Berkekuatan Kecil Kembali Guncang Cilacap

Informasi BMKG gempa bumi berkekuatan 2,9 M terjadi di Cilacap, Minggu (20/8/2023)-BMKG Cilacap untuk Radarma-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 2,9 terjadi di Kabupaten Cilacap, Minggu (20/8/2023) pukul 12.43 WIB.

"Info Gempa Mag:2.9, 20-Aug-23 12:43:55 WIB," tulis BMKG dalam keterangannya.

Pusat gempa di koordinat 8.64 Lintang Selatan (LS), 109.22 Bujur Timur (BT). 104 kilometer tenggara Cilacap. Dengan kedalaman 28 kilometer.

Plt Kalak BPBD Cilacap, Erna Suharyati mengatakan, Kabupaten Cilacap merupakan supermarket bencana. Sejumlah gempa-gempa kecil sering terjadi. Masyarakat pun diminta untuk tidak panik termakan berita hoaks.

BACA JUGA:BPBD Cilacap Fokus Antisipasi dan Penanganan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

BACA JUGA:Sebagian Besar Wilayah Cilacap dalam Kondisi Rawan Bencana Tinggi

"Cilacap memang disebut miniatur bencana. Untuk itu kita sudah persiapkan segala mitigasinya, baik rencana kontinjensi, maupun sarana prasarana," katanya.

Erna menuturkan, pihaknya juga telah meminta seluruh jajaran personil BPBD, relawan, serta berbagai pihak dari tingkat desa dan kecamatan untuk meningkatkan kewaspadaan. 

Erna juga meminta agar masyarakat segera melaporkan ke BPBD Cilacap jika ada kerusakan akibat bencana. Sehingga pihaknya akan segera melakukan koordinasi penanganan dengan pihak terkait lainnya. 

"BPBD Cilacap tugasnya 24 jam memantau kondisi di wilayah Kabupaten Cilacap. Kami harap masyarakat juga tetap siap siaga dengan memperkuat upaya mitigasi bencana," ujar Erna. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: