Musim Kemarau, 209 Jiwa di Desa Jingkang Ajibarang Alami Krisis Air Bersih

Musim Kemarau, 209 Jiwa di Desa Jingkang Ajibarang Alami Krisis Air Bersih

Warga di Rt 4 Rw 2 Desa Jingkang saat menyiapkan terpal untuk digunakan sebagai penampung air bersih, Senin (14/8/2023).-BPBD Banyumas untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 209 jiwa mengalami krisis air bersih di Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, akibat musim kemarau tahun ini.

Warga yang terdampak kesulitan memperoleh air bersih tersebut terdiri dari 84 Kepala Keluarga (KK) dan tersebar di RT 3 RW 2. RT 4 RW 2. Serta  RT 6 RW 2 Desa Jingkang.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan, berdasarkan catatan, sampai saat ini ada sebanyak 209 jiwa di Desa Jingkang yang terdampak kemarau tahun ini. Warga mengalami mengalami kesulitan air bersih, terutama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:Dinpertan KP Banyumas Pastikan Ketersediaan Pangan Banyumas Aman Selama Kemarau

"Jadi debit sumber air bersih warga berkurang, sehingga pasokan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari itu sulit," katanya, Selasa (15/8/2023).

Dijelaskan, potensi warga yang terdampak dapat meluas, apabila musim kemarau berlangsung panjang.

Sementara untuk tindak lanjut, menurutnya saat ini BPBD Banyumas akan melakukan dropping air bersih ke wilayah tersebut. Untuk itu warga di lokasi terdampak juga diharapkan, dapat membuat penampungan.

BACA JUGA:Dampak Kemarau, Wilayah Terdampak Krisis Air Bersih di Banyumas Makin Meluas

"Untuk RT 4 sedang dibikin penampungan air bersih. Kalau di RT 3 dan 6 masih dimusyawarahkan untuk penampungan airnya," jelasnya.

Sehingga dropping air bersih akan dilakukan setelat tempat penampungan selesai.

"Dari hasil pengecekan lapangan untuk penampungan sedang dibikin oleh warga menggunakan terpal. Kemudian hasil musyawarah Perangkat Desa dan warga untuk pengiriman air bersih akan dilakukan menunggu kesiapan penampungan dari warga," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: