Pemindahan Material Tambang Emas Pancurendang Selesai, Pembongkaran Lapak Sudah 90 Persen

Pemindahan Material Tambang Emas Pancurendang Selesai, Pembongkaran Lapak Sudah 90 Persen

Meski belum sepenuhnya selesai, Kepala Desa Pancurendang mengklaim untuk pembongkaran lapak tambang emas di Grumbul Tajur sampai Jumat (11/8) sudah 90 persen selesai.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Memasuki hari keempat pembongkaran lapak tambang emas di Grumbul Tajur Desa Pancurendang Ajibarang sudah 90 persen.

Kepala Desa Pancurendang, Narisun mengatakan sampai hari ini (Jumat) pemantauannya untuk pembongkaran lapak tambang emas di Grumbul Tajur sudah 90 persen selesai. Adapun untuk pemindahan Material tambang yang belum sempat diolah dari lapak tambang emas ke rumah warga atau tempat pengolahan lainnya dipastikannya sudah selesai.

"Material tambang sudah semua dipindahkan. Pembongkaran yang belum sudah 90 persen," katanya ditemui Radarmas, Jumat (11/8).

BACA JUGA:Terkait Pembongkaran dan Penutupan Tambang Emas, Penambang Lokal: Kami Butuh Pekerjaan!

Narisun menjelaskan tidak cukupnya waktu dua hari untuk menuntaskan pembongkaran lapak tambang emas bisa dikarenakan warga lebih fokus untuk menyelesaikan pemindahan material tambang yang belum diolah. Dengan nilai ekonomis yang dinilai lebih tinggi, material tambang lebih utama untuk diamankan.

"Manusiawi. Secepatnya pembongkaran lapak untuk diselesaikan," pesan dia.

Disinggung terkait pembongkaran lapak tambang emas tidak berijin di Tajur hubungannya dengan lapak tambang emas di kecamatan lainnya pada Kabupaten Banyumas, agar semua penambangan emas yang belum berijin benar-benar tutup total maka perlakuan yang sama harus diterapkan oleh Forum Komunikasi Daerah (Forkompinda) Banyumas.

"Harus sama. Akan saya usulkan agar semua penambangan yang belum berizin di Banyumas diperlakukan sama seperti di Tajur," pungkas Narisun. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: