Pemeriksaan Air di Sekitar Tambang Emas Pancurendang Ajibarang Masih Dilakukan Berkala

Pemeriksaan Air di Sekitar Tambang Emas Pancurendang Ajibarang Masih Dilakukan Berkala

Lebih dari satu pekan pasca penutupan, kualitas air di lingkungan penambangan emas Grumbul Tajur Desa Pancurendang Ajibarang dilakukan periodik.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemeriksaan kualitas air dari tim kesehatan terus dilakukan secara periodik paska satu pekan lebih penutupan penambangan emas di Grumbul Tajur Desa Pancurendang Ajibarang.

Kepala Puskesmas II Ajibarang, Djani Ristanto Aji mengatakan permintaan dari dinas teknis provinsi, setelah penambangan ditutup ada pemeriksaan air secara periodik. Setelah penambangan ditutup, perlu diketahui dari proses pembusukan jasad mencemari air atau tidak.

"Kita periksa lagi dari Sungai Datar dan sumur-sumur warga di sekitar penambangan. Mungkin juga dari genangan air di sekitar tambang," katanya.

BACA JUGA:Uji Bakteri dan Zat Kimia, Puskesmas Ajibarang II Ambil Sampel Air dari Tambang Emas dan Sungai Datar

Aji menjelaskan dalam pemeriksaan air secara periodik tersebut artinya pihaknya melakukan tiga waktu pemeriksaan air yaitu tidak lama sebelum penambangan ditutup, setelah ditutup satu minggu dan satu bulan kemudian.

"Jika setelah itu tidak ada perubahan kualitas air yang signifikan, insya Allah aman," terang dia.

Dilanjutkannya jika sebelum satu bulan usai penutupan ada warga sekitar penambangan emas yang mengeluhkan kondisi kesehatannya yang ada sangkut pautnya dengan air, tim Puskesmas II Ajibarang kembali turun. Grumbul Tajur Desa Pancurendang yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas II Ajibarang untuk kesehatan lingkungan sampai individu dan masyarakatnya menjadi tanggung jawab puskesmas.

"Untuk hasil pemeriksaan air ke Labkesda Banyumas informasinya keluar pada Jumat (11/8)," pungkas Aji. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: