Pengolahan Sampah Desa Pasiraman Kidul Gandeng TPA Tipar Kidul

Pengolahan Sampah Desa Pasiraman Kidul Gandeng TPA Tipar Kidul

Desa Pasiraman Kidul menggandeng TPA Tipar Kidul dengan hanggar Ajibarang terkait sampah.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Berproses untuk pembuatan tempat pengolahan sampah milik desa, Pemerintah Desa Pasiraman Kidul masih menggandeng TPA Tipar Kidul dengan hanggar sampah Ajibarang.

Kepala Desa Pasiraman Kidul, Herman Pujiarto mengatakan di Desa Pasir Kidul tidak ada iuran pengangkutan sampah yang dikeluarkan oleh warga. Dari warga cukup mengumpulkan sampah rumah tangganya ke titik kumpul sampah yang telah ditentukan oleh desa untuk selanjutnya diangkut oleh petugas TPA Tipar Kidul.

"Kasihan kalau warga harus membayar," katanya ditemui Radarmas, Selasa (8/8).

BACA JUGA:Persiapan Operasional Hanggar, Pemdes Ajibarang Kulon Datangkan Dua Angkutan Sampah Baru

Herman menjelaskan dengan adanya kerjasama antara Desa Pasiraman Kidul dengan TPA Tipar Kidul terkait pengelolaan sampah, dari pihak desa mengeluarkan anggaran sebesar Rp 1,5 juta perbulan. Tarif tersebut lebih effisien dibandingkan bila desa mengoperasionalkan angkutan sampah dan mengantarkannya sendiri ke TPA Tipar Kidul.

"Kalau diangkut sendiri biayanya besar. Tidak nutup," terang dia.

Disinggung pertimbangan dari pihak Desa Pasiraman Kidul tidak menggandeng kerjasama dengan hanggar sampah Pekuncen, hal tersebut hanya karena melihat jalinan kerjasama antara desa dan TPA Tipar yang telah lama terjalin baik. Ke depan menjadi kewajiban setiap desa untuk menyediakan tempat pengelolaan sampah sendiri.

"Selama ini hubungan desa dengan TPA Tipar sudah berjalan baik," pungkas Herman. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: