Satu Jemaah Haji Kloter 75 Asal Banyumas Meninggal di Rumah Sakit Madinah

Satu Jemaah Haji Kloter 75 Asal Banyumas Meninggal di Rumah Sakit Madinah

Diberangkatkan sebanyak 351 orang pada 16 Juni lalu, satu jemaah kloter 75 meninggal dunia di RS Al-Haram Madinah pada Kamis (20/7) WAS.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sepekan jelang pemulangan jemaah haji Banyumas di kloter 75, satu jemaah di kloter tersebut meninggal dunia pada Kamis (20/7).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, H Ibnu Asaddudin, SAg MPdI melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Drs H Purwanto Hendro Puspito mengatakan satu jemaah haji kloter 75 yang meninggal dunia bernama Agung Edy Prihatno berusia 53 tahun dari Sokaraja.

Informasinya, jemaah mengalami kondisi dimana aliran darah menuju ke jantung berkurang secara tiba-tiba atau disebut Acute Coronary System dan meninggal dunia pada Kamis (20/7) pukul 11.57 Waktu Arab Saudi (WAS) di Rumah Sakit Al-Haram Madinah.

BACA JUGA:Jamaah Haji Mulai Bergeser ke Madinah, Satu Jamaah dari Kloter 72 Ditinggal di Mekah

"Insya Allah hari ini (Jumat) kami ke rumah duka jemaah," katanya.

Hendro menjelaskan kronologi meninggalnya jemaah dari dokter kloter 75 awalnya jemaah tiba-tiba pingsan setelah keluar dari kamar mandi.

Dari hasil pemeriksaan awal petugas pada diri jemaah diketahui nadi sudah tidak terasa. Dari petugas sudah berupaya melakukan kompresi dada dan langsung menghubungi dokter kloter.

BACA JUGA:Dua Jemaah Haji Kloter Terakhir Asal Pasir Kulon Menyusul Diajukan Tanazul

Selanjutnya dokter kloter menghubungi teknisi medis darurat sektor satu bahwa ada code blue atau kode sistem aktivasi untuk kondisi gawat darurat. Menunggu kedatangan teknisi medis, kompresi dada tetap dilanjutkan.

Setelah dilakukan pemeriksaan ulang, jemaah dievakuasi ke Rumah Sakit Al-Haram dan dinyatakan meninggal dunia pukul 11.57 WAS.

"Jemaah dimakamkan di Baqi Madinah," terang dia.

BACA JUGA:Jemaah Haji Cilacap Pulang ke Tanah Air Tanggal 25 Juli-26 Juli 2023

Disinggung terkait jumlah jemaah haji Banyumas tahun ini yang meninggal dunia per Jumat (21/7) total ada sebanyak lima orang termasuk didalamnya satu petugas. Dari lima orang tersebut empat orang meninggal dunia di tanah suci dan satu orang meninggal di rumah sakit sepulang tanazul.

"Satu jemaah dari Gumelar meninggal setelah tanazul kembali ke Banyumas," pungkas Hendro. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: