Kemenag Banyumas Masih Matangkan Rute Karnaval Hari Besar Islam 1 Muharram

Kemenag Banyumas Masih Matangkan Rute Karnaval Hari Besar Islam 1 Muharram

Jelang PHBI 1 Muharram 1445 H yang jatuh pada Rabu (19/7), dari KanKemenag Banyumas dan Pemkab Banyumas pekan ini telah mengadakan rapat awal untuk persiapan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kementerian Agama Banyumas belum memutuskan rute karnaval Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) guna menyambut Tahun Baru Islam 1445 H yang jatuh pada Rabu (19/7). Rencananya, karnaval tersebut akan digelar pada Selasa (18/7). Hal itu sesuai dengan rapat yang digelar pada Ahad, (16/7) kemarin.

Dihadiri jajaran Kasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Banyumas, Bagian Kesra Setda Banyumas, Satpol PP, Dinas Kominfo dan Dinas Perhubungan Banyumas beserta Polresta Banyumas sampai penyuluh agama, rapat membahas berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Tahun Baru 1445 H.

Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, H Wahyu Fauzi Aziz mengatakan salah satu kegiatan yang direncanakan menyambut Tahun Baru 1445 H adalah karnaval keagamaan. Terkait jumlah peserta sementara diperhitungkan sekitar 50 tim bisa dari unsur madrasah diniyah (Madin), Taman Pendidikan Al-Quran sampai perwakilan dari MI, MTs atau MA.

BACA JUGA:Kemenag Banyumas Dorong Budaya Baca di Madrasah Lewat Program Maghrib Mengaji dan Baca Bersama

"Start awal dari Menara Teratai. Untuk rutenya masih dimatangkan apakah dari Menara Teratai kembali lagi ke Menara Teratai," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, H Ibnu Asaddudin menjelaskan Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah yang digunakan sebagai patokan oleh umat Islam. Jika dalam perayaan tahun baru Masehi bisa dikonsep agar ramai dan meriah maka untuk PHBI 1 Muharram hendaknya juga tidak kalah.

"PHBI 1 Muharram agar tidak kalah ramai dalam rangka Syiar dan bisa menggeser paradigma umat," terangnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Pelajar dan Mahasiswa Untuk Kuliah di Mesir Hanya Dikeluarkan Kemenag

Dilanjutkannya dalam rapat juga menentukan tema PHBI 1 Muharram yang sesuai dengan psikologi masyarakat Banyumas. Tema "Sambut Tahun Baru Dengan Transformasi Diri Menjadi Sumber Daya Manusia Yang Unggul Prestasi, Moderasi, dan Toleransi dari Banyumas Memginpirasi Banyumas" menjadi contohnya.

"Perlu disiapkan kegiatan menarik berhubungan dengan keagamaan yang kekinian," pungkas kepala kantor. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: