Event-Event Desa Wisata Mulai Bermuculan, Jadi Angin Segar Bagi Pariwisata di Cilacap

Event-Event Desa Wisata Mulai Bermuculan, Jadi Angin Segar Bagi Pariwisata di Cilacap

Kegiatan Festival Sedekah Ketupat di Wanareja tahun 2022-Humas Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.Co.ID - Geliat ekonomi masyarakat di Kabupaten Cilacap mulai muncul. Hal ini ditandai banyaknya event yang diselenggarakan di Kabupaten Cilacap, pada 2023. Mulai dari tingkat desa samai tingkat kabupaten. 

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disporapar) Kabupaten Cilacap, Paiman mengatakan, munculnya sejumlah event tersebut merupakan angin segar bagi pelaku usaha di sektor pariwisata Cilacap. Pasalnya berpengaruh dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Untuk event kemarin mulai ada yang baru dan digerakan masyarakat, mulai digerakan oleh desa wisata. Selain baru ada event Internasional kita juga akan ada Festival Sedekah Ketupat tahun ini di Wanareja," katanya.

BACA JUGA:152 Anak-anak Cilacap Ikuti Khitanan Massal Gratis Bazma Cilacap

Menurutnya, banyaknya event tersebut merupakan bentuk dari kepedualian terhadap tempat wisata di sekitarnya, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. 

"Semangat membuat event muncul di tingkat bawah tidak hanya di tingkat atas. Tahun ini desa-desa membuat event sendiri-sendiri. Nah ini kita akan mulai data untuk rutin dijadikan event tahunan kabupaten," ujar Paiman. 

Sementara itu, penggiat pariwisata Cilacap, Yazid Abror mengatakan, adanya tren positif tersebut perlu dijaga konsistensinya. Terlebih sudah saatnya desa-desa di Cilacap bangun untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui desa wisata. 

BACA JUGA:Amankan Pelaku Duel Maut yang Masih di Bawah Umur, Polisi: Tidak Terlibat dengan Geng Motor

"Memang harus ada event-evant atau kegiatan yang bisa menjadi stimulus bagi masyarakat. Namun dalam menjalankan kegiatan, perlu bersinergi dengan stakeholder agar setiap event bisa terkonsep dan bisa dijalankan secara berkelanjutan tidak hanya satu kali saja," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: