4 Paslon Untuk Pilkada Cilacap Jalani Pemeriksaan Kesehataan di RSUD Margono Soekarjo

4 Paslon Untuk Pilkada Cilacap Jalani Pemeriksaan Kesehataan di RSUD Margono Soekarjo

Foto bersama para Paslon calon peserta Pilkada 2024 di Kabupaten Cilacap sebelum melaksanakan tes kesehatan.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Empat Pasangan Calon (Paslon) untuk kontestasi Pilkada 2024 menjalani tes kesehatan yang dilaksanakan di  RSUD Margono Soekarjo Purwokerto, sejak Sabtu (31/8/2024) hingga Minggu (1/9/2024) pukul 16.00 WIB.

Ketua KPU Cilacap Weweng Maretno kepada Radarmas mengatakan, pelaksanaan tes kesehatan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 90 Tahun 2024, sehingga seluruh paslon diwajibkan untuk mengikuti.

"Pelaksanaan tes kesehatan menjadi salah satu syarat kelayakan Paslon untuk kontestasi Pilkada 2024, sudah mulai kita laksanakan sejak Sabtu (31/8/2024) hingga nanti pukul 16.00," katanya, Minggu (1/9/2024).

Kemudian terkait teknis pelaksanaan, KPU sepenuhnya menyerahkan kepada rumah sakit yang sudah ditunjuk. Sedangkan hasilnya akan disampaikan pada Rabu (4/9/2024) mendatang.

BACA JUGA:Masih Dijumpai Pembalakan Liar Pohon Mangrove di Cilacap

BACA JUGA:Dua Kecamatan di Kabupaten Cilacap Mengalami Kekeringan Parah

"Seluruh teknis pelaksanaan kami serahkan sepenuhnya kepada pihak rumah sakit, dan hasilnya nanti akan diumumkan hari Rabu," tandasnya.

Persyaratan kesehatan, menurut Weweng, terdiri dari 3 unsur yaitu sehat secara jasmani, rohani serta bebas dari penggunaan narkoba.

"Jika mengacu pada aturan, ada 10 metode pemeriksaan sedangkan hasil tes merupakan kewenangan dari pihak rumah sakit untuk mengeluarkan," tandasnya.

Sementara itu disinggung mengenai berubahnya lokasi tes kesehatan yang awalnya akan dilaksanakan di RSUD Cilacap, Weweng mengatakan, pihaknya telah menerima perubahan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Cilacap.

"Dinas Kesehatan melakukan perubahan rekomendasi lokasi tes kesehatan. Jadi kita putuskan untuk menunjuk RSUD Margono Soekarjo sebagai tempat pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Taufik Nurhidayat saat ditemui Radarmas ketika mengantarkan, Paslon yang mereka usung yakni Setyo Budi Wibowo - Fahrur Rozi telah selesai melaksanakan serangkaian pemeriksaan kesehatan.

"Kita antarkan kesini (RSUD Margono Soekarjo, red) sebagai bentuk support serta dukungan kepada SBW - Fahrur Rozi, Alhamdulilah lancar dan Insya Alloh beliau berdua sehat," tegasnya.

Sementara itu, SBW sebagai purnawirawan TNI tentunya selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ia pun optimis melewati tahapan pemeriksaan kesehatan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: