Sembilan Napiter Asal Rutan Mako Brimob Cikeas Dipindahkan ke Lapas Pasir Putih Nusakambangan

Sembilan Napiter Asal Rutan Mako Brimob Cikeas Dipindahkan ke Lapas Pasir Putih Nusakambangan

Pemindahan Napiter dari Rutan Mako Brimob ke Lapas Pasir Putih Nusakambangan menggunakan pengamanan petugas gabungan.-Humas Lapas Pasir Putih Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) dengan pengamanan super maksimum Pasir Putih Nusakambangan menerima 9 orang Narapidana Terorisme (Napiter) dari Rutan Mako Brimob Cikeas.

Sembilan Napiter tersebut datang ke Lapas Pasir Putih dengan pengawalan yang ketat personil gabungan dari Densus 88, Petugas BNPT, Tim Pengamanan Rutan Depok serta petugas Polsek Nusakambangan.

"Pemindahan para Napiter tersebut merupakan bagian dari sinergitas antara Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)," kata Kordinator Kepala Lapas Nusakambangan dan Cilacap Mardi Santoso, Minggu (1/9/2024).

Menurut Mardi, sembilan Napiter tersebut akan menempati masing-masing 1 sel dengan pengawasan kamera CCTV terintegrasi selama 24 jam penuh.

BACA JUGA:Masih Dijumpai Pembalakan Liar Pohon Mangrove di Cilacap

BACA JUGA:4 Paslon Untuk Pilkada Cilacap Jalani Pemeriksaan Kesehataan di RSUD Margono Soekarjo

"Satu Napiter akan menempati satu sel dengan pengawasan penuh. Hal itu untuk mencegah potensi yang membahayakan," lanjut Mardi.

Selain itu, sebagai salah satu standar pengawasan sesuai dengan SOP Lapas Pasir Putih Nusakambangan serta untuk menjaga ketertiban di lingkungan Lapas.

"One men one cell atau 1 orang dalam 1 sel merupakan salah satu SOP untuk Lapas dengan Super Maksimum Security (SMS) seperti Lapas Pasir Putih," jelas Mardi.

Pemindahan tersebut menunjukkan komitmen pemerintah dalam menangani isu keamanan nasional dengan langkah - langkah preventif.

"Keputusan pemindahan tersebut selain fokus pada pengamanan dan pencegahan, juga sebagai salah satu upaya untuk memberikan keamanan kepada masyarakat serta negara," tutupnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: