Pengumuman 20 Besar Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Diundur Besok

Pengumuman 20 Besar Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Diundur Besok

Tes psikologi calon anggota Bawaslu Kabupaten/kota di Semarang, Rabu (5/7).-Dok Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Zona 6-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Penjaringan anggota Bawaslu Kabupaten/Kota sudah sampai pada tes tertulis dan tes psikolog. Rencananya, terjaring 20 nama yang diumumkan pada Senin- Selasa (10-11/7) kemarin. Namun, rupanya pengumuman tersebut diundur sampai dengan Kamis (13/7) besok.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu Zona 6, Dr Oedjijono MSc mengatakan, hal tersebut mengacu surat dari Bawaslu RI Nomor 485/KP.01/K1/07/2023 tertanggal 11 Juli 2023 perihal Perpanjangan Pengumuman Hasil Tes Tertulis dan Tes Psikologi dan Perubahan Waktu Pelaksanaan Tes Kesehatan, yang ditandatangani Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

"Penyebab perpanjangan masa pengumuman tersebut menurutnya disebabkan karena adanya beberapa kendala teknis yang terjadi dalam proses memastikan data NIK peserta tes tertulis dan tes psikologi di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia," kata dia.

BACA JUGA:Usai Tes Psikologi, 20 Besar Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Bakal Diumumkan Pekan Depan

Dia katakan, karena perpanjangan waktu ini maka pelaksanaan tes kesehatan yang semula diadakan Rabu-Jumat (12-14/7) diundur menjadi Jumat-Selasa (14-18/7).

"Sedangkan pelaksanaan tes wawancara tetap sebagaimana yang tercantum dalam revisi pedoman yakni Senin-Jumat (17-21/7)," kata dia.

Dia menambahkan, dengan penyesuaian tersebut maka tes kesehatan agar dapat dilakukan secara paralel dengan tes wawancara, khusus pada hari yang beririsan waktunya.

BACA JUGA:Verifikasi Administrasi, Bawaslu Lakukan Pengawasan Melekat Klarifikasi Dokumen Bakal Calon Anggota DPRD

"Artinya, bagi peserta yang telah selesai mengikuti tes kesehatan dapat langsung mengikuti tes wawancara dengan mengikuti peraturan dari tim seleksi," ujar dia.

Dari hasil tes kesehatan dan wawancara akan diumumkan 10 besar nama calon anggota Bawaslu kabupaten/kota untuk diserahkan ke Bawaslu RI. Nantinya Bawaslu RI yang akan menetapkan lima calon anggota Bawaslu kabupaten/kota terpilih, yang rencananya akan dilantik pada Agustus 2023. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: