Usai Tes Psikologi, 20 Besar Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Bakal Diumumkan Pekan Depan

Usai Tes Psikologi, 20 Besar Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Bakal Diumumkan Pekan Depan

Tes psikologi calon anggota Bawaslu Kabupaten Banyumas di Semarang, Rabu (5/7/2023).-Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Zona 6 Untuk Radarmas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pendaftar anggota Bawaslu zona 6 telah mengikuti seleksi psikologi Rabu (5/7). Pada zona ini, yang mengikuti tes psikologi tersebut yaitu Kabupaten Banyumas sebanyak 69 orang.

Sementara untuk Kabupaten Banjarnegara diikuti 48 orang, Kabupaten Cilacap 38 orang dan Kabupaten Purbalingga 49 orang.

Ketua Tim Seleksi calon anggota Bawaslu Zona 6, Dr Oedjijono MSc mengatakan, tes psikologi tersebut dipusatkan di sejumlah lokasi di Semarang.

BACA JUGA:Masa Perbaikan Berkas Bacaleg, Bawaslu Banyumas : Partai Segera Kondisikan Bacalegnya

"Tahapan tes tersebut merupakan rangkaian menuju penetapan 20 nama calon anggota Bawaslu di zona tersebut, termasuk Banyumas," kata dia.

Dia menjelaskan, tes psikologi ini adalah tahapan lanjutan setelah para pendaftar menjalani tes tertulis. Jauh sebelum itu, mereka juga telah lolos pada verifikasi berkas.

"Nantinya, dari hasil tes tertulis melalui CAT dan tes psikologi akan ditetapkan 20 nama di masing-masing kabupaten/kota," kata dia.

BACA JUGA:Verifikasi Administrasi, Bawaslu Lakukan Pengawasan Melekat Klarifikasi Dokumen Bakal Calon Anggota DPRD

Dia katakan, untuk pengumuman 20 nama yang lolos tes tertulis dan psikologi akan diumumkan pekan depan. Ke-20 nama tersebut nantinya akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

"Mereka selanjutnya akan menjalani tes Kesehatan dan tes wawancara. Dari 20 besar ini akan disaring lagi menjadi 10 besar untuk dibawa ke Bawaslu RI," tuturnya.

Pada tahap akhir, Bawaslu RI akan menetapkan lima nama sebagai calon anggota Bawaslu kabupaten/kota terlantik. "Pelantikan kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: