Mahasiswa KKN Unsoed Ditarget Turunkan Stunting Purbalingga

Mahasiswa KKN Unsoed Ditarget Turunkan Stunting Purbalingga

Mahasiswa KKN Unsoed 2023 saat menerima arahan Plh Bupati Purbalingga, di Ruang Graha Adiguna Purbalingga, Kamis 6 Juli 2023. (Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Pemkab Purbalingga masih memiliki pekerjaan rumah (PR) penurunan gangguan pertumbuhan balita (Stunting,red). Pada kesempatan menerima 296 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kamis 6 Juli 2023, Plh Bupati Purbalingga, Sudono ST MT meminta mahasiswa KKN bisa ikut menurunkan Stunting Kabupaten Purbalingga.

"Silahkan nanti mahasiswa bisa bersinergi dengan masyarakat dan harus bisa meninggalkan yang bagus. Saya ingin melihat pembuktian penurunan Stunting dan kemiskinan ekstrem," kata Sudono.

Ia mengajak agar mahasiswa KKN ini bisa melaksanakan tugas sebagaimana tema kali ini yaitu Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Melalui Pemberdayaan UMKM dan Bumdes dalam Rangka Penanggulangan Kemiskinan.

Kiprah dalam penurunan Stunting misalnya, mahasiswa ikut intervensi dalam pencegahan Stunting di desa yang mereka tempati. Salah satunya dengan sosialisasi pembuatan makanan bergizi dari bahan yang mudah dan murah.

BACA JUGA:Hindari Kekerasan Seksual Terhadap Anak, Ini yang Orang Tua Perlu Lakukan

Sedangkan dalam hal penanggulangan kemiskinan, mahasiswa bisa membantu peningkatan kualitas UMKM masyarakat. "Terkait pengentasan kemiskinan bisa dimulai dari UMKM, nanti silahkan mau seperti apa," imbuhnya.

Saat ini, kasus stunting yang masih 13,28 persen dan kemiskinan yang tersisa 15,3 persen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Purbalingga, Suroto mengungkapkan, mahasiswa KKN Unsoed Periode Juli 2023 ini ada sebanyak 296 mahasiswa.

Mereka akan diterjunkan di 25 desa di 3 kecamatan, diantaranya 12 desa di Kecamatan Rembang, 11 desa di Kecamatan Karangmoncol dan 2 desa di Kecamatan Purbalingga. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: