Tingkat Partisipasi Politik Jelang Pemilu 2024 di Cilacap Rendah, Masyarakat Diminta Hindari Politik Uang

Tingkat Partisipasi Politik Jelang Pemilu 2024 di Cilacap Rendah, Masyarakat Diminta Hindari Politik Uang

Bakesbangpol saat melakukan sosialisasi Pemilu 2024 di Kecamatan Kampung Laut-Harry untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tingkat partisipasi politik di sejumlah kecamatan di Kabupaten Cilacap menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih rendah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Badan Kesatuan Bangsa dan politik (Bakesbangpol) Cilacap terus melakukan sosialisasi. 

Kepala Bakesbangpol Cilacap, Taryo mengatakan, sasaran sosialisasi tersebut dilakukan di Kecamatan Kawunganten, Bantarsari, Kroya, dan Kampung Laut. Indikatornya, sejumlah partisipasi pada Pemilu 2019 masih rendah. 

"Di Kecamatan Kawunganten dan Bantarsari partisipasinya masih rendah. Begitupun di Kampung Laut, di tahun 2019, tingkat partisipasi hanya 66 persen. Sehingga untuk distribusi logistik perlu ditekankan saat Pemilu nanti," kata Taryo, Kamis 22 Juni 2023. 

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Purbalingga Ingatkan KPU, Parpol dan Masyarakat untuk Mengawal Data Pemiilih

Di Kecamatan Kroya, partisipasi Pemilu sudah tinggi. Hanya saja pihaknya melakukan deteksi dini untuk potensi masalah jelang Pemilu 2024 mendatang. 

Taryo menuturkan, sosialisasi tersebut dilakukan guna menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 nanti. Dengan harapan menghindari masalah-masalah jelang Pemilu, termasuk politik uang. 

"Kami harap tingkat partisipasi masyarakat terhadap Pemilu bisa tinggi. Selain itu kami juga menghimbau masyarakat agar menolak politik uang saat Pemilu. Karena pemimpin yang baik tidak akan lahir dari hasil politik transaksional," tegasnya.

BACA JUGA:Ganjar Dampingi Kaisar Jepang Naruhito di Candi Borobudur : Beliau Terkesan

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Cilacap, Weweng Maretno mengatakan, deteksi dini seperti sosialisasi kepada masyarakat di Kampung Laut sangat penting. Lantaran dapat mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi jelang Pemilu. 

"Kampung Laut ini kan kabupaten terluar di Cilacap. Jadi perlu deteksi dini masyarakat. Seperti mengenai distribusi logistik pemilu dan lainnya. Kami harap masyarakat Kampung Laut bisa siap sedia dalam Pemilu 2024 dan bisa ikut berpartisipasi semua," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: