Ganjar Dampingi Kaisar Jepang Naruhito di Candi Borobudur : Beliau Terkesan

Ganjar Dampingi Kaisar Jepang Naruhito di Candi Borobudur : Beliau Terkesan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut kehadiran Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito beserta rombongan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (22/6/2023). -Tim Ganjar Pranowo untuk Radarmas-

MAGELANG, RADARBANYUMAS.CO.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut kehadiran Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito beserta rombongan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (22/6/2023). Ganjar pun mendampingi Kaisar berkeliling menikmati panorama candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut.

Kaisar Hironomiya Naruhito tiba di pelataran Candi Borobudur sekitar pukul 08.15 WIB. Setelah mendengarkan penjelasan berkait sejarah candi dari seorang tour guide bernama Mura, Kaisar dan Ganjar berjalan menuju candi.

Sekitar 50 menit, rombongan tamu dan tuan rumah berkeliling menikmati kemegahan candi abad ke-8 itu. Mulai keunikannya, filosofi, hingga teknologinya.

Ganjar Pranowo menuturkan, Kaisar Hironomiya Naruhito sangat senang bisa berkunjung ke Candi Borobudur. Hal itu, tak lepas dari penjelasan tour guide secara detil terkait dengan candi.

"Tadi Pak Duta Besar bersama saya mendampingi Kaisar Naruhito mendengarkan penjelasan dari Pak Mura (tour guide) hebat sekali," ujarnya.

Penjelasan yang ringan dan entertaining itu mampu membuat Kaisar semakin terkesima dengan kemolekan Candi Borobudur.

"Dan saya melihat Kaisar sangat senang, impresif melihat dan mengikuti dengan sangat senang," paparnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur berambut putih tersebut mengaku sempat berbincang banyak hal dengan Kaisar. Menurutnya, kunjungan Kaisar Naruhito menjadi simbol hubungan baik antara Indonesia dengan Jepang.

"Ini menarik sekali karena kunjungan ke Indonesia baru pertama dan selama 7 hari. Rasanya belum pernah terjadi. Menurut saya tanda keakraban dua negara Indonesia dan Jepang begitu penting utilisasi kerjasama ini dan membuahkan hasil yang lebih penting, apakah diplomatik, politik, ekonominya, agar bisa memanfaatkan hubungan baik ini," ungkapnya.

Selama mendampingi, Ganjar kerap kali melihat ekspresi kekaguman dari Kaisar terhadap Candi Borobudur.

"Banyak sekali terkesan filosofinya, teknologinya terkesan, cerita narasi terkesan, banyak ekspresi wow wow..," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: