Mengenang Lee Hyun Sang, Pelopor PMA Asal Korsel di Purbalingga, Keberhasilannya Bikin Investor Lain Tertarik

Mengenang Lee Hyun Sang, Pelopor PMA Asal Korsel di Purbalingga, Keberhasilannya Bikin Investor Lain Tertarik

KOMPAK : Lee Hyun Sang bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi ketika acara di PT Royal Korindah.-ADITYA/RADARMAS-

Kabupaten Purbalingga terkenal dengan sejumlah perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dari Korea Selatan. Namun, tak banyak tahu Lee Hyun Sang. Dialah pengusaha asal Korea Selatan (Korsel) yang pertama kali menanamkan modal di Kabupaten Purbalingga. Lantas bagaimanakah sosok yang baru saja meninggal dunia pada Senin (19/6/2023) lalu?

ADITYA WISNU WARDANA, Purbalingga

Deretan karangan bunga ucapan duka cita terlihat di depan PT Royal Korindah yang berada di Jalan Banjaransari, Kelurahan Kembaran Kulon, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. 

Ada juga karangan bunga ucapan duka cita berasal dari Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, hingga sejumlah relasi perusahaan yang awal berdirinya bernama PT Royal Kenny ini.

BACA JUGA:Soal Libur Bersama, SPSI Akui Ada Yang Geser Hari Kerja, Ini Penjelasannya

HRD PT Royal Korindah Ike Sepdayani menjelaskan, Lee Hyun Sang yang lahir di Korea Selatan, 6 Oktober 1943 ini, pertama kali datang di Indonesia, tepatnya di Tegal pada tahun 1969.

Saat itu, pria yang menghembuskan nafas terakhir di Jakarta tersebut tengah mencari potensi produsen rambut.

Di Tegal, Lee Hyun Sang tak berjodoh. Dia justru menemukan potensi industri rambut di Kabupaten Purbalingga. 

BACA JUGA:Pencegahan Anti Korupsi Purbalingga Naik Drastis, Ini Indikatornya

Dia melihat budaya masyarakat Purbalingga sangat cocok untuk perusahaan rambut palsu yang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan tinggi.

"Melihat potensi tersebut, Lee Hyun Sang mendirikan PT Royal Kenny pada 25 Maret 1976. Nama perusahaan kemudian diubah namanya menjadi PT Royal Korindah pada tahun 1999," ungkapnya.

Mendirikan pabrik rambut palsu di Purbalingga, Lee Hyun Sang sukses besar. Dia berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat Purbalingga lewat industri bulu mata.

Bahkan, hasil produksinya berhasil diekspor ke sejumlah negara di benua Asia, Eropa, Australia dan Amerika. 

Tak hanya itu, keberhasilan Lee Hyun Sang juga menjadikan investor asal Korea Selatan lainnya ikut menanamkan modalnya di Purbalingga. Hal itu menjadikan Kabupaten Purbalingga menjadi terkenal dengan perusahaan PMA dari Korea Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: