Tahun Ini Tak Ada PemasanganTraffict Light Baru di Purbalingga, Ini Penyebabnya

Tahun Ini Tak Ada PemasanganTraffict Light Baru di Purbalingga, Ini Penyebabnya

Sorotan : Perempatan Sirongge yang kerap memicu kemacetan arus lalulintas, akan dilengkapi perlengkapan lain. (Amarullah Nurcahyo/Radar Banyumas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Pemenuhan sarana dan prasarana (Sarpras) jalan milik kabupaten maupun propinsi, tetap berjalan. Namun hanya yang khusus menggunakan dana APBD. Sedangkan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), seperti traffict light (Lampu Bangjo,red), belum bisa dilaksanakan tahun ini.

 

“Kalau pemasangan lampu bangjo baru tahun ini tak ada, anggaran tidak ada. Karena persiapan tak sesaat. Harus ada survey lalulintas dan anggaran, biasanya dari pemerintah pusat DAK,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka, Selasa 20 Juni 2023.

 

Lebih lanjut dikatakan, pemasangan sarpras lain kelengkapan lampu peringatan, masih bisa direalisasikan.  Kemudian di jalur menuju Bandara Jenderal Besar Soedirman sudah diprioritaskan dan terpenuhi sejak 2022 lalu. 

 

Tahun 2023 ini anggaran dari APBD di Dinhub Kabupaten Purbalingga, sedang minim. Khususnya untuk pembenahan marka jalan. Namun untuk kelengkapan jalan, akan dipasang cctv di persimpangan Sirongge, Kecamatan Purbalingga.

 

"Segera dalam tahun ini kami upayakan pemasangan cctv online di perempatan Sirongge. Karena perempatan itu sangat padat dan kerap memicu kemacetan lalulintas," tambahnya.

 

BACA JUGA:Ikuti Popda Jawa Tengah, Kontingen Kabupaten Purbalingga Targetkan Peringkat 20 Besar

 

Untuk cctv dianggarkan Rp 140 juta setahun dari APBD Kabupaten Purbalingga untuk marka jalan. "Marka jalan termasuk marka kejut dan pemeliharaan. Kalau cctv ada di empat sudut di persimpangan Sirongge itu," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: