Industri Perhotelan Cilacap Kecipratan Untung dari Event Internasional

Industri Perhotelan Cilacap Kecipratan Untung dari Event Internasional

Salah satu hotel berbintang di Kabupaten Cilacap-Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Adanya event internasional yang baru berlangsung pada Sabtu dan Minggu (17-18/6), membawa angin segar bagi dunia pariwisata. Khususnya bagi industri perhotelan yang kecipratan untung.

Pasalnya, sejumlah tamu lokal maupun mancanagera banyak yang singgah dan menginap di Kabupaten Cilacap. Tentunya, sejumlah hotel pun terisi penuh. 

Kondisi ini dibenarkan oleh Ketua Himpunan Perhotelan dan Restauran Indonesia (PHRI) Cilacap, Amin Suwito. Dikatakan Amin, adanya event tersebut cukup berpengaruh. 

BACA JUGA:Ini 4 Lemabaga Mahasiswa UMP Mendapat Hibah PPK Ormawa 2023

"Cukup berpengaruh. Apalagi event diakhir pekan sangat membantu sekali," kata Amin.

Kendati demikian, kondisi tersebut belum mampu mendongkrak okupansi atau tingkat hunian hotel secara besar. Pasalnya, okupansi di Cilacap 90 persen masih didominasi oleh kunjungan kerja atau bisnis.

"Okupansi masih sekitar 30 sampai 50 persen," ujar Amin.

BACA JUGA:Usung Pemberdayaan, 14 Desa/Kelurahan jadi Lokasi KKN

Amin mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Cilacap bisa membuat event-event lokal maupun internasional yang mampu mendatangkan pengunjung untuk berwisata dan menginap di Cilacap. 

"Kita sudah melakukan sejumlah langkah konkret untuk peningkatan okupansi hotel di Cilacap. Termasuk kolaborasi dengan Disparpora Cilacap dan sejumlah stakeholder. Kita support event organizer bikin event-event untuk mendorong kepariwisataan," katanya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Cilacap, Paiman mengatakan, event-event internasional nantinya akan dijadikan event tahunan di Kabupaten Cilacap. 

BACA JUGA:Ganjar Luncurkan Samsat Budiman, Gandeng BUMDes Beri Kemudahan Bayar Pajak

Pihaknya pun terus berupaya mendorong agar pariwisata di Kabupaten Cilacap agar terus maju dan berkembang. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: