Usung Pemberdayaan, 14 Desa/Kelurahan jadi Lokasi KKN

Usung Pemberdayaan, 14 Desa/Kelurahan jadi Lokasi KKN

Pembekalan KKN dihadiri Camat Sumpiuh, pihak Unsoed Purwokerto dan kepala desa serta lurah, Senin (19/6) di Pendopo Surya Kusuma Yuda-FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS-Wilayah Kecamatan Sumpiuh bakal menjadi lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang tersebar di 14 desa/kelurahan.

Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto usai pembekalan yang dihadiri pihak Unsoed Purwokerto dan kepala desa serta lurah, Senin (19/6) di Pendopo Surya Kusuma Yuda menyambut baik agenda KKN di wilayah kerjanya

Desa dan kelurahan berkesempatan sebagai lokasi KKN sehingga mahasiswa dapat belajar langsung di lapangan. Setelah bertahun menyerap ilmu teori dalam perkuliahan.

BACA JUGA: Mobil Tangki Belum Ideal, Petugas Sirami Taman di Banyumas dengan Cara Manual

"Apalagi, KKN-nya tentang pemberdayaan. Ada lima kegiatan pokok pemberdayaan," jelas Ahmad.

Pemberdayaan masyarakat tepat untuk diaplikasikan di wilayah Sumpiuh. Terlebih paska pandemi corona virus (covid) 19. Sehingga, masyarakat kembali pulih.

"Pemberdayaan meliputi ekonomi, kesehatan, lingkungan, pendidikan dan layanan pemerintah desa," rinci Ahmad.

Ahmad mencontohkan salah satu pemberdayaan yang diusung oleh mahasiswa KKN nanti. Di bidang ekonomi mencakup inventarisasi dan pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan kegiatan badan usaha milik desa (BUMDes).

Kepala desa dan lurah di wilayah Sumpiuh menyatakan siap ketempatan mahasiswa KKN. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: