Perekaman Papila Baru 41 Persen, Dikebut Selesai Akhir Tahun Jelang Pemilu 2024

Perekaman Papila Baru 41 Persen, Dikebut Selesai Akhir Tahun Jelang Pemilu 2024

Perekaman jemput bola bagi Papila di SMA N 1 Cilacap, Senin 12 Juni 2023.-Julius Purnomo/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Keberadaan para pemilih pemula (Papila) pada gelaran Pemilu 2024, menjadi skala prioritas untuk pemenuhan syarat administrasi kependudukan. Dari 1,5 juta daftar pemilih, 43.779 di antaranya adalah pemilih pemula.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Cilacap Annisa Fabriana menyampaikan, dari jumlah 43.779 Papila, 17.923 di antaranya sudah melakukan perekaman. Jika dipersentasekan sudah mencapai 41 persen. Sedangkan 25.853 sisanya akan diupayakan selesai Desember 2023.

Mendasari hal itu, Disdukcapil melakukan upaya percepatan untuk perekaman Papila dengan mendatangi masing- masing sekolah.

BACA JUGA:Jelang Pemberangkatan, Dua Calhaj Banyumas Mendadak Gagal Berangkat

"Kita masih punya PR untuk perekaman Papila, jadi kita lakukan jemput bola ke sekolah masing-masing," kata Annisa kepada Radarmas, Senin (12/6).

Dia mengakui, dalam pelaksanaan perekaman Papila jemput bola di sekolah-sekolah, terkendala sarana dan prasarana (Sarpras) dan SDM yang terbatas.

Sehingga, saat ini pihaknya membagi Sarpras dan SDM yang berada dikantor Disdukcapil Cilacap untuk melakukan upaya jemput bola perekaman bagi Papila.

BACA JUGA:Relawan Destana di Cilacap Belum Dimiliki Semua Desa Berpotensi Bencana Alam

"Kita bagi alat perekamannya kemudian dibantu dengan operator di Kecamatan-kecamatan itu jika permintaan perekaman di kantornya sedang sepi," jelasnya.

Selain perekaman Papila, Disdukcapil Cilacap mengupayakan perekaman bagi warga binaan yang berada di Lapas Cilacap maupun Nusakambangan, karena di sana merupakan TPS khusus.

BACA JUGA:Mobil Rental Dijadikan Jaminan Hutang, Berujung Mendekam di Penjara

"Kita ingin pastikan warga binaan untuk dapatkan hak pilihnya, sehingga kita sudah koordinasi dengan pihak Lapas dan sudah dilakukan," pungkas Annisa.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: