Mobil Rental Dijadikan Jaminan Hutang, Berujung Mendekam di Penjara

Mobil Rental Dijadikan Jaminan Hutang, Berujung Mendekam di Penjara

Foto tersangka RWM ketika menjalani pemeriksaan bersama barangbukti 1 unit mobil toyota Calya, Senin 12 Juni 2023.-humas Polresta Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Aksi nekat RWM (51), warga Adipala menjadikan mobil rental sebagai jaminan untuk berhutang, mengantarkannya berurusan dengan pihak kepolisian, dan berujung mendekam di penjara.

Kisah tersebut bermula dari RWM menyewa mobil Toyota Calya warna putih milik Pujiono, yang memang merupakan pengusaha rental mobil. RWM memberi jaminan sepeda motor milik rekannya.

"RWM menyewa mobil milik Pujiono selama 1 Minggu dengan biaya Rp 1,5 juta, jaminannya sebuah sepeda motor Honda Scoopy milik teman tersangka," kata Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto melaui Kasi Humas, Iptu Gatot Tri Hartanto, Senin (12/6).

BACA JUGA:Virus LSD pada Ternak Sapi Tidak Pengaruhi Stok Pedagang Hewan Kurban

Namun oleh tersangka, Mobil Toyota Calya tersebut dijadikan jaminan hutang sebesar Rp 35 Juta kepada Herman, dengan masa waktu peminjaman selama 1 Bulan. Karena mobil tidak kunjung dikembalikan, Pujiono melapor ke Polisi.

"Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata tersangka RWM sedang ditahan di Polres Banjanegara karena kasus lain, namun tetap kita lakukan penyelidikan," tambanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Kanit Reskrim bersama anggota lain, tersangka mengakui telah menyewa mobil Toyota Calya milik Pujiono dan dijadikannya jaminan untuk meminjam uang.

BACA JUGA:FH UMP Gelar Konferensi Internasional, Bisa Lulus Tanpa Skripsi

"Tersangka dijerat dengan pasal 378 atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 4 Tahun," tuturnya.

Atas kejadian itu, Iptu Gatot menghimbau kepada para pengusaha persewan mobil agar lebih berhati-hati dalam menyewakan kendaraan. Lengkapi kndaraannya dengan GPS atau memilih calon penyewa dengan seksama.

BACA JUGA:Cek di Sini, Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Paling Baru dan Diburu

"Jadi jangan asal ada jaminan lalu serahkan kunci, lihat dulu KTP nya atau kalau perlu hanya sewakan kepada yang dikenali saja, selain itu pemasangan GPS juga sangat diperlukan untuk mencari keberadaan mobil," pungkasnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: