IKD Tak Hentikan Cetak KTP Elektronik, Ini Penjelasannya

IKD Tak Hentikan Cetak KTP Elektronik, Ini Penjelasannya

Dinpendukcapil saat mengawali jemput bola para pejabat Pemkab Purbalingga, Januari 2023 lalu. (Amarullah Nurcahyo dok)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID- Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang sedang ditargetkan oleh pemerintah masih menyisakan pertanyaan di masyarakat. Terutama soal kabar yang beredar, jika sudah terdaftar di aplikasi IKD, KTP Elektronik fisik sudah tidak dicetak.

 

Melihat kabar simpangsiur ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga, Muhammad Faturrohman, Senin 12 Juni 2023 menjelaskan, IKD memang menjadi program adminduk nasional.

 

Pada tahun 2023 ini target nasional 25 persen dari warga yang sudah rekam KTP EL. Kemudian, dalam jangka panjang IKD akan menjadi pengganti KTP EL fisik.

 

"Meski begitu,  pemerintah masih tetap menerbitkan KTP El fisik. Hal ini dimaksudkan untuk memfasilitasi bagi warga yang tidak dapat mengakses HP Android, baik karena alasan teknis maupun lainnya," rincinya.

 

Ia menjamin semua jenis pelayanan yang diberikan oleh Dinpendukcapil Purbalingga berjalan lancar dan aman. Termasuk ketersedian blangko KTP El cukup banyak.

 

"Alhamdulillah untuk blangko KTP El kita cukup banyak, artinya untuk stok aman," tegasnya.

 

Dinpendukcapil Purbalingga juga melakukan pelayanan dengan sistem proritas dan membuka pelayanan online. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: