Libur Sekolah, Pemohon Rekam Data KTP-el di Purbalingga Didominasi Pemilih Pemula

Libur Sekolah, Pemohon Rekam Data KTP-el di Purbalingga Didominasi Pemilih Pemula

Antrean pemohon perekaman data KTP-el didominasi pemilih pemula.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Purbalingga dipadati pemohon perekaman data KTP-el, terutama dari kalangan pemilih pemula.

Hal itu terlihat dari pantauan Radarmas di bagian perekaman data KTP-el Dindukcapil Kabupaten Purbalingga, Selasa, 2 Juli 2024. Terlihat antrean pemohon perekaman data KTP-el didominasi oleh warga yang baru rekam data atau pemilih pemula.

Sekretaris Dindukcapil Kabupaten Purbalingga, Sutono, mengatakan momen libur sekolah banyak dimanfaatkan oleh warga yang menginjak 17 tahun atau lebih, untuk melakukan perekaman data. Sehingga, bagian perekaman data KTP-el menjadi lebih ramai dibandingkan biasanya. Dindukcapil bahkan harus menambah kursi antrean karena banyaknya pemohon.

Sub Koordinator Identitas Penduduk, Aries Setyamami, menambahkan Dindukcapil Kabupaten Purbalingga tengah gencar melakukan perekaman data KTP-el bagi pemilih pemula. "Kami juga turun langsung ke sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman data KTP-el bagi pemilih pemula," katanya ditemui di ruang kerjanya.

BACA JUGA:IKD Diberlakukan Masif Juli, KTP El Masih Dilayani

BACA JUGA:Paska Libur, Sehari Cetak KTP El dan KK Naik Signifikan

Dia menambahkan, pihaknya memiliki pekerjaan besar untuk merekam data seluruh pemilih pemula yang terdaftar dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4. "Hingga 27 November 2024, target tersebut harus bisa direalisasikan," tambahnya.

Dijelaskan, saat ini baru 15.005 pemilih pemula yang telah melaksanakan perekaman data KTP-el. "Total ada 26.431 pemilih pemula yang masuk dalam DP4. Kami masih memiliki target yang belum terpenuhi sebesar 11.426 orang pemilih pemula yang sudah rekam data e-KTP," lanjutnya.

Berdasarkan pantauan Radarmas, pemohon perekaman data KTP-el sebagian besar merupakan pelajar yang sudah menginjak 17 tahun atau akan berusia 17 tahun sebelum coblosan Pilkada Serentak 2024. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: