Prediksi Kurban Sapi di Purbalingga Tahun Ini 4.000 Ekor

Prediksi Kurban Sapi di Purbalingga Tahun Ini  4.000 Ekor

Suntik : Pemantauan ternak sapi ke pemilik ternak secara insidental menghadapi idul kurban oleh tim medis ternak. (Dinpertan Purbalingga untuk Radarmas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga memperkirakan jumlah sapi yang disembelih pada Idul Adha tahun 2023 ini kisarannya  masih relatif sama dengan tahun lalu (2022, red). Yaitu 2022 lalu 3.149 ekor dan tahun ini bisa bertambah hingga total 4.000 ekor.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam menjelaskan, stok hewan kurban di Purbalingga cukup tersedia. Karena populasi ternak sapi sebanyak tidak kurang dari 10.000 ekor. Jika 50 persen sapi jantan dan 80 persennya penggemukan sapi siap untuk kurban.

“Sepanjang waktu penyembelihannya sesuai waktu yang disyariatkan yaitu selama 3 hari mulai dari Hari Raya Idul Adha, maka sah. Ini juga kita tekankan," katanya, Senin 5 Juni 2023.

Lebih lanjut dikatakan, sapi yang disembelih tercatat ada dari sapi jenis peranakan Ongole, hasil persilangan sapi import Simental, Charolais, Limosin dan sapi Bali. Pihaknya juga optimistis PMK akan bisa diminimalkan.

Lebih lanjut dikatakan, Dinas Pertanian melalui para dokter hewan dan medic veteriner juga meningkatkan intensitas layanan pengobatan ternak ke kandang- kandang peternak.

Petugas juga ke pasar- pasar hewan di Purbalingga secara gratis, diberikan obat cacing, vitamin dan obat obatan penambah stamina / imun ternak, memonitor sanitasi / kebersihan kandang, kualitas pakan yang diberikan.

"Layanan pengobatan khusus bagi ternak yang bergejala PMK maupun LSD," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: