Keterwakilan Perempuan Bacaleg DPRD Banyumas Untuk Partai Ummat Capai Lebih Dari 89 Persen

Keterwakilan Perempuan Bacaleg DPRD Banyumas Untuk Partai Ummat Capai Lebih Dari 89 Persen

Partai Ummat saat mendaftarkan bacaleg DPRD Banyumas, Minggu (14/5) di KPU Banyumas.-Foto Mahdi / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Sebanyak 17 Parpol mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Banyumas. Rata-rata, untuk keterwakilan perempuan yang didaftarkan yaitu 30-40 persen. 

Namun berbeda dengan Partai Ummat. Partai ini memilih untuk memaksimalkan keterwakilan perempuan, yaitu 89,90 persen. 

Yuli Night Budi Permana, Sekretaris DPD Partai Ummat Kabupaten Banyumas mengatakan memang untuk Partai Ummat dengan komposisi perempuan sampai lebih dari 89 persen hanya di Banyumas. 

BACA JUGA:Rencana Peraturan Penangkapan Ikan Terukur, NHSI Cilacap : Aturan Jangan Dibuat Rumit

"Dari awal memang, perlu strategi dan trik. Alasannya seperti itu. Sehingga menyasar pada kaum perempuan," kata dia. 

Jumlah pemilih yang masih seimbang antara pemilih laki-laki dan perempuan menjadi salah satu pertimbangan. "Kebetulan keterwakilan perempuan masih terpinggirkan. Kita melihat itu sebagai suatu peluang yang masih bisa dimasuki," kata dia. 

Dia menambahkan, dalam masalah politik, kaum perempuan masih belum begitu concern. Hal inilah yang menurutnya bisa memberikan semangat lebih baik, yang mungkin selama ini belum begitu terwakili. 

BACA JUGA:BSI: Data & Dana Aman, Nasabah dapat Bertransaksi secara Aman

Terkait dengan kualitas bacaleg perempuan yang didaftarkan tersebut, menurutnya telah terjaring melalui tes yang dilakukan DPD Partai Ummat Kabupaten Banyumas. 

"Untuk target, kita usahakan agar masing-masing dapil bisa dapat," ujar dia. 

Sementara itu, Anggota KPU Banyumas, Hanan Wiyoko mengatakan, keterwakilan perempuan Partai Ummat untuk Bacaleg DPRD Banyumas adalah yang tertinggi di Banyumas.

"Sejauh ini terbanyak dalam keterwakilan perempuan bacaleg. Harapannya memang itu bacaleg yang berkualitas sehingga ketika jadi anggota legislatif nantinya bisa benar-benar menyuarakan kepentingan perempuan," tuturnya. 

BACA JUGA:Meriah, 450 Penggemar Kicau Mania Ramaikan HUT ke-20 SPP PWK Cilacap

Dari data yang diberikan KPU Banyumas setelah penutupan pendaftaran Bacaleg DPRD Banyumas, Partai Ummat mendaftarkan 49 bacaleg. Dengan komposisi 44 bacaleg perempuan dan 5 laki-laki. (mhd) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: