25 Calhaj Urung Berangkat Ke Tanah Suci, Ini Penjelasannya

25 Calhaj Urung Berangkat Ke Tanah Suci, Ini Penjelasannya

Para calhaj Purbalingga tahun 2022 lalu saat dilepas keberangkatan oleh Bupati dan Wabup serta jajaran.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID- Musim haji tahun 2023 ini, Kabupaten Purbalingga memiliki kuota awal calon jemaah haji (calhaj) sebanyak 593 orang. Namun sesuai data terbaru, sebanyak 25 orang harus tunda karena beberapa hal. Sehingga total rencana keberangkatan hanya 568 orang calhaj.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Ani Mufarokhakh SAg, Senin 15 Mei 2023 menjelaskan, Calhaj tunda karena pendampingan ada 4 orang, tunda karena sakit dan hamil 8 orang.

Kemudian karena wafat belum pembatalan / pelimpahan ada 5 orang, tunda dengan pernyataan 5 orang, batal ada 1 orang. Tunda karena masa iddah 1 orang, sudah haji dan belum sepuluh tahun 1 orang.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Nomor 195 Tahun 2023 Tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Nomor 157 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Konfirmasi Pelunasan Dan Pembayaran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Reguler Tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi, jadwal pelunasan Bipih reguler dilakukan setiap hari kerja mulai tanggal 11 April sampai dengan 19 Mei 2023. 

Ada tambahan kuota sebanyak 22 orang dengan syarat ketentuan berlaku. Bagi calhaj yang sudah lunas, paspor sudah di Kanwil menunggu proses pemvisaan.

"Tahapan saat ini, jemaah sedang mengikuti bimbingan manasik haji di KUA kecamatan selama 6 kali pertemuan di mulai hari senin ini 15 Mei 2023 ini sampai Mei 2023," tuturnya.

Sementara untuk kloter, Purbalingga sesuai hasil rakor tanggal 14 Mei 2023  akan masuk di Kloter 71 dengan jumlah Jamaah 224  ( bergabung dengan  Cilacap)

Kemudian kloter 72 dengan jumlah jemaah  352  ( full purbalingga ).

"Masih ada kloter  73 dengan jumlah jemaah 37  ( bergabung dengan Banyumas )," katanya.

Ani juga mengingatkan, calhaj resiko tinggi masih ada, namun kepastiannya masih menunggu konfirmasi dari dinkes terkait dengan Kesehatan calhaj.

"Dinkes masih bergerak untuk mendata jumlah jemaah yang risti, istithoah dengan pendampingan baik dengan alat maupun dengan  pendamping," ujarnya.

Rencana keberangkatan bagi para calhaj Purbalingga sesuai dengan jadwal penerbangan tahun 2023, maka Insya Allah Purbalingga akan masuk asrama pada tanggal 13 Juni 2023 dan akan terbang pada tanggal 14 Juni 2023.

Kami mengimbau kepada Calhaj Purbalingga agar meluruskan niat haji untuk ibadah. Jaga Kesehatan, rajin berolah raga, jaga makan dengan menu makanan yang disarankan oleh petugas kesehatan

"Siapkan diri untuk menjadi calhaj yang mandiri tidak bergantung dengan Jamaah lain. Bagi yang sehat, niatkan hati untuk bisa membantu sesama jemaah haji yang memerlukan bantuan. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: