Tahun 2024, 1.320 Calhaj Cilacap Akan Berangkat ke Tanah Suci

Tahun 2024, 1.320 Calhaj Cilacap Akan Berangkat ke Tanah Suci

Ribuan calhaj Cilacap ikuti manasik haji di gedung IPHI Cilacap.-Humas Pemkab Cilacap untuk Radarmas -

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ribuan calon jamaah haji (calhaj) di Kabupaten CILACAP mengikuti kegiatan manasik haji. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai 24 April hingga 25 April 2024. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Mukhlis Abdillah mengatakan, kegiatan manasik haji ini dilakukan secara massal yang diikuti sebanyak 1.300 calhaj. 

Muhklis mengatakan, di tahun 2024 ini, jumlah calhaj di Kabupaten Cilacap yang akan diberangkatkan merupakan terbanyak di eks Karisidenan Banyumas, yakni sebanyak 1.320 calhaj.

"Jumlah ini merupakan terbanyak di eks keresidenan Banyumas, kita mengalami kenaikan sejumlah 300 lebih kuota dibandingkan tahun 2023 lalu," katanya. 

BACA JUGA:Hingga Februari 2024, Tingkat Hunian Hotel di Cilacap Masih di Bawah 40 Persen

BACA JUGA:Sarana dan Prasarana Belum Lengkap, Pasar Wage Cilacap Belum Ditempati

Muhklis berharap, para calon jamaah haji bisa memahami pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukun, supaya mendapatkan haji yang mabrur sesuai dengan syariat Islam dan para calhaj menyandang haji yang mabrur dan mabrurah.

"Selama 40 hari nanti kita akan mengikuti ibadah haji. Tentu dimungkinkan adanya problematika di dalamnya, sehingga kami meminta para Calhaj untuk mengikuti kegiatan manasik dengan benar sehingga nantinya akan menyandang haji yang mabrur dan mabrurah," katanya.

Hal senada diungkapkan Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri. Dia berharap, para calon jamaah haji dapat mengikuti kegiatan manasik secara serius dan nantinya dapat membawa nama baik Kabupaten Cilacap.

Selain itu, pihaknya juga berterima kasih kepada Kementerian Agama RI dengan adanya tambahan kuota haji, sehingga jumlah haji di Cilacap bertambah signifikan.

"Kami imbau kepada calon jamaah haji bisa mengikuti setiap materi dengan baik dan serius. Kemudian tidak melakukan kegiatan tidak terpuji di luar sana nantinya sehingga dapat membawa nama baik Kabupaten Cilacap," kata Awaluddin. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: