Hanya 16 Parpol Resmi Ajukan Daftar Bacaleg di KPU Purbalingga, 1 Parpol Tak Ajukan Bacaleg

Hanya 16 Parpol Resmi Ajukan Daftar Bacaleg di KPU Purbalingga, 1 Parpol Tak Ajukan Bacaleg

Daftar : Partai Gerindra Purbalingga saat mengajukan daftar Bacaleg di KPU Purbalingga, Minggu 14 Mei 2023 malam.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAD.CO.ID- Hingga batas akhir masa pengajuan daftar bakal calon legislatif (Bacaleg) Purbalingga, hanya 16 partai politik (Parpol) mendaftarkan diri. Satu Parpol yaitu Partai Garuda terkonfirmasi tidak mendaftarkan bacalegnya.

Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Eko Setiawan menjelaskan, sesi terakhir partai Gelora yang datang sekira pukul 22.30. Semua Bacaleg dari 16 Parpol dinyatakan lengkap berkas.

"Kami menerima konfirmasi terakhir Partai Garuda pada pukul 23.00, tidak mendaftarkan Bacaleg. Jadi total 16 Parpol yang memiliki Bacaleg," katanya, Minggu 14 Mei 2023 malam.

Parpol yang sudah resmi mengajukan daftar Bacaleg yaitu Partai Umat, PKS, Partai Nasdem, PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, PPP, Partai Hanura, Perindo, PSI, PBB, PKP, Partai Gerindra dan Partai Gelora.

"Tahapan selanjutnya verifikasi administrasi dan Agustus sudah muncul daftar caleg tetap. Kemudian kampanye dan pada 14 Februari 2024 dilaksanakan pemungutan suara," rinci Eko.

Lebih lanjut dikatakan, parpol yang tidak mendaftarkan Bacaleg tetap menjadi peserta Pemilu 2024. Namun tidak memiliki caleg di Purbalingga dan di surat suara kosong.

Sementara itu, selama masa pendaftaran, tercatat rata- rata mengajukan daftar Bacaleg per parpol 50 orang. Beberapa parpol juga mengatakan siap menghadapi Pilkada bupati dan wakil bupati.

"Semua parpol memenuhi keterwakilan perempuan. PDIP dan Partai Gerindra paling banyak jumlah keterwakilan perempuan. Untuk jumlah total Bacaleg masih kita rekap, termasuk jumlah laki-laki dan perempuan," ujarnya.

Ketua DPC Partai Gerindra, Adi Yuwono SH mengungkapkan, optimistis bisa menambah kursi di Purbalingga sebanyak 15 kursi. Lalu siap mencalonkan diri sebagai bupati Purbalingga. 

"Kami siap menggandeng parpol lain saat dinilai siap maju ke pilkada," katanya.

Parpol lainnya seperti PKB juga siap nantinya mencalonkan bupati dari internal parpol. Kemudian PDI Perjuangan, Partai Golkar dan lainnya.

Sedangkan DPD Partai Perindo Purbalingga juga optimistis menang dan menambah kursi di DPRD Purbalingga. (amr)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: