Hingga Akhir April, Belum Ada Parpol Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup

Hingga Akhir April, Belum Ada Parpol Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup

PLENO: Perwakilan dari Parpol saat rapat pleno sebelum pilkada, periode silam di KPU Purbalingga.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Suhu politik di Purbalinga menjelang Pilkada 27 Nopember 2024, belum menghangat. Hingga saat ini, belum ada parpol yang membuka pendaftaran untuk calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup).

Untuk diketahui, dari hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, pemenangnya adalah PDIP dengan raihan 14 kursi.

Partai berlambang banteng moncong putih ini, satu-satunya partai yang bisa mencalonkan sendiri pasangan cabup dan cawabupnya.

Karseno, Sekretaris DPC PDIP Purbalingga, Jumat 26 April 2024 menjelaskan, kendati belum membuka pendaftaran, pihaknya telah melakukan komunikasi informal dengan sejumlah parpol.

BACA JUGA:Satu Korban Meninggal Akibat Kapal Terbakar, Aktivitas PPS Cilacap Kembali Normal

BACA JUGA:Rusak Sepekan Lebih, Lampu Jalan Kya- Kya Mayong Akhirnya Diperbaiki

Mengenai pendaftaran cabup dan cawabup, pihaknya masih menunggu arahan partai secara resmi. “Kami menunggu instruksi dari DPP PDIP. Kalau komunikasi informal dengan parpol, sudah sesuai dengan arahan Ketua DPC PDIP Purbalingga,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilgub, Pilbup, parpol harus memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD untuk bisa mengusung pasangan sendiri di Pilkada Purbalingga. Dengan 50 kursi DPRD Purbalingga, hanya PDIP yang memenuhi ketentuan tersebut.

Masih dari hasil Pemilu 2024, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), berada di urutan kedua dan ketiga.

Masing-masing 9 kursi dan 7 kursi. Di bawahnya terdapat Partai Golkar dan Partai Gerindra yang masing-masing mendapatkan 6 kursi.

BACA JUGA:Masih Tergantung Pemerintah Pusat, Ketua DPRD Purbalingga Sebut Pemkab Tak Leluasa Menggunakan Anggaran

BACA JUGA:Aksi Dorong-Dorongan Warnai Demo UKT di Unsoed

Selanjutnya Partai Amanat Nasional (PAN) meraih 3 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, dan Partai Nasdem 1 kursi.

Terpisah Ketua DPD PKS Kabupaten Purbalingga, Cahyo Susilo kepada wartawan mengatakan, pihaknya mulai mempersiapkan kader internal untuk maju di Pilkada Purbalingga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: