TAKUT MUNDUR? Begini Tips Mengatasi Motor Listrik Berhenti di Tanjakan

TAKUT MUNDUR? Begini Tips Mengatasi Motor Listrik Berhenti di Tanjakan

Tips Mengatasi Motor Listrik Berhenti di Tanjakan-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengatasi motor listrik berhenti di tanjakan bisa menjadi hal yang sangat sulit bagi pengendara. Masalah ini umumnya terjadi karena motor listrik memiliki sistem yang berbeda dengan motor konvensional, apalagi dalam hal penggunaan tenaga ketika di tanjakan

Menghadapi situasi ini tentu memerlukan keterampilan dan pemahaman mendalam. Untuk ini mari kita bahas beberapa tips yang bisa membantu pengendara motor listrik mengatasi tantangan tersebut dengan lebih efektif dan aman.

Memahami Dinamika Motor Listrik pada Tanjakan

Motor listrik memiliki karakteristik yang berbeda dari motor bensin, terutama saat berada di tanjakan. Salah satu perbedaan utama adalah pada sistem pengeremannya. 

Saat rem diaktifkan, motor listrik akan memutus aliran listrik, berbeda dengan motor bensin yang masih dapat mengatur gas meskipun sedang direm. Hal ini sering kali menyulitkan pengendara karena dapat menyebabkan motor mundur jika tidak ada tenaga tambahan yang diberikan saat memulai kembali.

Teknik Berhenti dan Memulai di Tanjakan

Berikut beberapa strategi penting yang dapat membantu pengendara mengatasi tanjakan dengan lebih aman dan efektif.

Berhenti dengan Aman:

1. Pemilihan Gear yang Tepat

Ketika mendekati tanjakan, penting untuk menggunakan gear rendah, seperti gear satu. Gear rendah ini lebih hemat daya dan cukup kuat untuk menahan berat motor dan pengendara.

BACA JUGA:Cara Agar Motor Listrik Tidak Mundur di Tanjakan, Jangan Tarik Gas dengan Maksimal

BACA JUGA:5 Tips Berkendara Motor Matic di Tanjakan atau Turunan yang Aman

Dengan menggunakan gear rendah, Anda dapat menjaga kestabilan motor dan mengurangi risiko mundur saat menghentikan motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: