Selamat! Juara Inovasi Tingkat TTG Provinsi Jawa Tengah, Desa Karangpucung Maju ke Tingkat Nasional

Selamat! Juara Inovasi Tingkat TTG Provinsi Jawa Tengah, Desa Karangpucung Maju ke Tingkat Nasional

Budidaya pertanian Melon di Desa Karangpucung.-DINKOMINFO PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID -Inovasi racikan pupuk inventor Nutrisi AB Mix Sajiva dari Desa Karangpucung, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, berhasil menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Inovasi dari warga Desa Karangpucung Tri Bowo Pangestika menjadi juara lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Keberhasilan tersebut diungkapkan oleh peracik inventor Nutrisi AB Mix Sajiva, Tri Bowo Pangestika.

"Saya bersyukur Desa Karangpucung yang mewakili Purbalingga berhasil meraih juara TTG kategori inovasi dengan menyingkirkan beberapa perwakilan Kabupaten/ Kota yang ada di Jawa Tengah," katanya, Jumat, 12 April 2023.

Atas keberhasilan tersebut, Desa Karangpucung mewakili Provinsi Jawa Tengah, pada lomba serupa di tingkat nasional.

Penggagas budidaya pertanian Melon di Desa Karangpucung ini, mengungkapkan, prestasi yang dicapai menghadirkan konsekuensi positif bagi desanya.

Diantaranya, Desa Karangpucung menjadi semakin dikenal. Serta,munculnya multiplier effect yang ditimbulkan. 

"Seperti makin banyaknya pihak dari luar daerah yang datang untuk berbagai kepentingan ke Desa Karangpucung," ujarnya..

Dia menambahkan, sebelum keberhasilan tersebut sebenarnya Desa Karangpucung, sudah dikenal dan banyak daerah yang melaksanakan studi banding melon hidroponik. Diantaranya dari Magelang, Jakarta hingga Samarinda.

Tak hanya budidaya melon, kawasan Artansi atau pertanian terintegrasi di Karangpucung juga menstimulasi sejumlah kelompok. Yakni, kelompok peternak sapi, domba, perikanan, petani muda dan UMKM. 

"Dampak ekonomi yang dirasakan diharapkan juga mampu mengangkat kesejahteraan warga Desa Karangpucung secara menyeluruh. Sehingga berimbas pada sektor lain yang lebih signifikan," lanjutnya.

Saat ini, Desa Karangpucung tengah mempersiapkan lomba serupa pada tingkat nasional. Dia optimistis bisa berbicara banyak pada lomba tingkat nasional tersebut. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: