Banjir di Kota Masih Jadi PR, Ini Lokasinya

Banjir di Kota Masih Jadi PR, Ini Lokasinya

Penuh : Aliran Sungai Grinsing yang melintas di pemukiman warga terlihat penuh saat hujan dalam jangka waktu lama.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Tak hanya di wilayah pinggiran, banjir dari luapan sungai juga masih menjadi pekerjaan rumah (PR) penanganan oleh pemerintah daerah. Kondisi ini segera ditangani dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Saat rapat koordinasi pembahasan banjir di wilayah kota di ruang Asisten 1 Sekda bersama BPBD Purbalingga dan Bagian Administrasi Pembangunan, dibahas penanganan jangka pendek dan kelanjutannya.

Kabag Administrasi Pembangunan, Nugroho Priyo Pratomo menjelaskan, prinsipnya untuk jangka pendek, pemerintah akan melaksanakan pembersihan Sungai Grinsing yang melintas di Purbalingga Kulon dan Lor. 

"Beberapa pekan lalu saat hujan deras memang ada kejadian luapan air sampai berdampak ke 20 rumah. Ternyata ada saluran yang kurang optimal dan pengaruh penyempitan sungai," katanya, Jumat 5 Mei 2023 sore.

Sedangkan untuk jangka menengah akan dilakukan sosialisasi pembiasaan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Lalu jangka panjang akan dilakukan pengembalian lebar sungai.

"Upaya simultan sesuai penanganan akan dilakukan agar dampak banjir di kota bisa diminimalkan," tambahnya.

Catatan Radarmas, beberapa kali saat hujan deras dalam jangka waktu lama, lupakan Sungai Grinsing terasa sampai Dukuh Bengang, Purbaiingga. Beberapa rumah di sekitar terancam jika aliran sungai meluap. (amr)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: