Gelombang Tinggi Mengintai, Wisatawan Diminta Waspada

Gelombang Tinggi Mengintai, Wisatawan Diminta Waspada

Sejumlah wisatawan bermain di Pantai Sodong Selasa 25 April 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten CILACAP menghimbau wisatawan di pantai selatan CILACAP untuk waspada karena ancaman gelombang tinggi.

Prakirawan BMKG Cilacap, Rendi Krisnawan mengatakan, saat ini sejumlah wisata pantai di Kabupaten Cilacap masih dipenuhi pengunjung lantaran musim libur lebaran. 

Untuk itu, pihaknya meminta para wisatawan berhati-hati saat berlibur ke pantai. 

"Wisatawan harus tetep berhati-hati bila berlibur ke pantai. Soalnya, diprediksi gelombang tinggi akan terjadi hingga 26 April besok," katanya, Selasa 25 April 2023.

Rendi memperkirakan ketinggian gelombang di perairan selatan Cilacap dan Samudra Hindia Selatan Cilacap mencapai 2,5-4,0 meter. Dengan ketinggian gelombang rata-rata 2,5 meter.

"Untuk wisatawan sebaiknya tidak bermain mandi laut dulu. Karena gelombang laut yang tinggi dan berbahaya. Apalagi jika ketika air laut pada posisi pasang naik. Tentunya ketinggian gelombang laut akan semakin signifikan dan membahayakan," ungkapnya.

BMKG memperkirakan cuaca untuk wilayah Selatan umumnya berawan. Angin berhembus dari arah timur - tenggara  dengan kecepatan 5-25 knot.

Pantauan Radarmas, aktivitas di sejumlah pantai terutama di pesisir selatan Cilacap masih tetap berjalan normal dan cenderung ramai. 

Seperti di Pantai Sodong Kecamatan Adipala. Banyak wisatawan yang tetap berkunjung dan bermain air di pantai tersebut.

"Sudah tiga hari ini ramai, dari pagi - pagi sekali juga sudah banyak pengunjung yang datang kesini. Dan Alhamdulillah belum ada kejadian apapun," kata Yanti, salah satu pedagang di Pantai Sodong. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: