Islam Aboge Desa Onje Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Minggu, 23 April 2023

Islam Aboge Desa Onje Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Minggu, 23 April 2023

Jemaah Islam Aboge Desa Onje baru saja menjalankan ibadah Salat Id di Masjid Sayyid Kuning, tahun lalu.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Tak hanya PP Muhammadiyah yang sudah menetapkan 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, jatuh pada Jumat, 21 April 2023. 

Jemaah Islam Aboge di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga, juga sudah menetapkan 1 Syawal 1444 H atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H, jatuh pada Minggu, 23 April 2023.

Penetapan 1 Syawal 1444 H tersebut, diungkapkan oleh sesepuh jemaah Islam Aboge Desa Onje, Kyai Maksudi kepada Radarmas, Rabu, 19 April 2023.

"Menurut perhitungan kami, 1 Syawal tahun ini, jatuh pada hari Ahad Wage. Jadi kami menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, jatuh pada hari Minggu, 23 April 2023," katanya.

Dia menjelaskan, puasa Ramadan jemaah Islam Aboge harus genap 30 hari. Diketahui, 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Jumat Wage atau Jumat, 24 Maret 2023. Sehingga, hari terakhir puasa Ramadan jatuh ada Sabtu, 22 April 2023.

Meski berbeda dengan Muhammadiyah dan juga kemungkinan besar berbeda dengan pemerintah, dia meminta hal itu tak menjadi polemik. Sebab, masing-masing memilik dasar masing-masing dalam menentukan 1 Syawal.

Diketahui, jemaah Islam Aboge di Kabupaten Purbalingga banyak terdapat di Desa Onje. Bahkan, di desa ini masjid tua peninggalan zaman Walisongo, yang digunakan sebagai pusat ibadah, yakni Maajid R Sayyid Kuning.

Aboge, yang merupakan singkatan dari Alif Rebo Wage, menjadikan perhitungan kalender Jawa sebagai penentu kapan jatuhnya 1 Ramadan dan 1 Syawal, bagi jemaah Islam Aboge. 

Dia menjelaskan, tahun 2023 bertepatan dengan tahun Jawa Ha atau He. Sesuai dengan perhitungan menggunakan rumus yang yang digunakan turun-temurun, awal tahun Ha atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Ahad Pon atau disingkat menjadi Hengadpon (Ha/He Ahad Pon).

Dalam kalender Aboge, setiap satu windu terdiri atas Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir.

Aboge juga mengenal hari berdasarkan perhitungan kalender Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi), dan Pahing. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: