15 Anak di Purbalingga Berstatus Sebagai Anak dengan HIV/AIDS

15 Anak di Purbalingga Berstatus Sebagai Anak dengan HIV/AIDS

Komunitas Gerakan Sedekah Sepatu saat mengunjungi KPAD Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 300-an warga di Kabupaten PURBALINGGA tercatat berstatus Orang Dengan HIV/AIDS atau ODHA. Sedangkan, 15 anak bersatus anak dengan HIV/AIDS.

Hal itu diungkapkan oleh Staff Administrasi dan Umum Komisi Penanggulangan AIDS Daerah KPAD kabupate Purbalingga, Sutaryo, saat menerima rombongan komunitas Sedekah Sepatu, Jumat, 17 Maret 2023.

Khusus anak dengan HIV/AIDS pihaknya mengalami banyak kendala. Salah satunya adalah penemuhan gizi para anak dengan HIV/AIDS.

Diakuinya, keterbatasan anggaran yang ada di Komisi Penanggulangan AIDS menjadi salah satu kendala teknis bagi pemenuhan gizi para ODHA yang tersebar di Purbalingga. Sehingga, bantuan dari pihak ketiga sangat dibutuhkan.  

Dijelaskan, kematian anak akibat infeksi HIV/AIDS merupakan salah satu fokus permasalahan di dunia sejak kasus pertama HIV/AIDS pada anak ditemukan. 

Dari beberapa penelitian yang dilakukan menyebutkan, status gizi memiliki hubungan yang bermakna terhadap kematian anak HIV/AIDS. 

Dalam kesempatan itu, KPAD Kabupaten Purbalingga mendapatkan bantuan dari Gerakan Sedekah Sepatu. Mereka menyalurkan bantuan paket susu dan nutrisi tambahan kepada 15 anak dengan HIV/AIDS. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: