ADD Belum Cair Semua, Desa Didorong Percepat Penyelesaian APBDes

ADD Belum Cair Semua, Desa Didorong Percepat Penyelesaian APBDes

ILUSTRASI Dana Desa Banyumas 2023-Dok Radar Banyumas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Terkait masih belum cairnya Alokasi Dana Desa (ADD) di sebagian desa pada wilayah Kabupaten Banyumas, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) mendorong desa untuk secepatnya menyelesaikan dan menyerahkan APBDes.

Kepala Bina Pemerintahan Desa Dinsospermades Kabupaten Banyumas, Bambang Junaidi mengatakan, untuk Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, informasinya belum mengantarkan APBDes ke Dinsospermades.

Disinggung terkait gaji perangkat desa yang tidak tepat waktu karena belum cairnya ADD, dirinya mendorong agar APBDes dipercepat.

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Kompos dengan Mudah Dari DLH Banyumas

"Desa lain perangkatnya sudah gajian. Bahkan dari bulan Januari sudah banyak yang cair," katanya.

Bambang menjelaskan, setiap bulan di Banyumas ada pencairan ADD.

Pertimbangan salah satunya agar jaminan kesehatan kepala dan perangkat desa terbayar rutin setiap bulan.

BACA JUGA:Masih Godog Regulasi, Tarif Kapal Wisata Sungai Serayu Belum Ditentukan

Jika ADD dicairkan misalnya dua atau tiga kali dalam satu tahun, bisa terjadi kesulitan di desa untuk membayar jaminan kesehatan kepala dan perangkat desanya yang sebesar satu persen dari ADD.

"Setiap ADD dipotong satu persen sesuai dengan Permendari Nomor 119 Tahun 2019 tentang Pemotongan, Penyetoran dan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan bagi Kepala dan Perangkat Desa. Ada kewajiban pembayaran oleh negara empat persen dan satu persen oleh Pemdes ataupun peserta," terangnya.

Adapun untuk pencairan ADD di Banyumas, sampai pekan ini data Dinsospermades Banyumas sebanyak 197 desa ADDnya sudah cair. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: